Plt Bupati Rohul Gelar apel untuk Pengamanan Lebaran

Tidak ada komentar 447 views
example banner
IMG_20160630_092045
Rokan  Hulu , Riau Andalas.com- Plt Bupati sukiman  memimpin apel upacara gelar pasukan untuk pengamanan lebaran Operasi (Ops) Ramadniya Siak 2016 di lapangan Taman kota Pasir Pengaraian Kamis (30/06/16 ). Dalam acara apel gelar pasukan tersebut, turut hadir Kapolres Rohul  AKBP Pitoyo Agung Yuwono  beserta para Kapolsek, para Kadis dan Kepala Badan/ Kepala Kantor, personel Polres beserta jajaran Polsek, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Senkom serta para tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Negara (Kapolri) RI Drs Badrodin Haiti yang dibacakan oleh Plt Bupati Rokan Hulu  Sukiman mengungkapkan, bahwa gelar pasukan ini merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan proses Manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan akhir personel Polri beserta instansi terkait dan segenap potensi masyarakat beserta kelengkapannya sebelum diterjunkan dilapangan dalam pengamanan selama mudik lebaran di tahun ini.



“Intinya, penyelenggaraan operasi Ramdania Siak 2016  ini, guna terwujudnya rasa aman, nyaman dan kondusif pada perayaan Idul Fitri 1437 H sehingga kesuksesannya dapat tercapai,” terang Sukiman


Sukiman juga mengungkapkan  bahwa perayaan Idul Fitri senantiasa disertai dengan peningkatan berbagai aktivitas masyarakat, terutama ditempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, serta lokasi wisata. Selain itu, tradisi mudik lebaran yang merupakan fenomena khas tahunan masyarakat akan mengakibatkan mobilitas arus transportasi manusia, barang dan kendaraaan menjadi padat dan meningkat. 

Dalam kondisi ini, tentunya membawa pengaruh timbulnya berbagai potensi kerawanan baik dari segi kriminalitas, maupun kamseltibcar lantas kemacetan dan kecelakaan.
“Pasalnya, berdasarkan data operasi ketupat tahun 2015 lalu, tercatat jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan 

‎Untuk itu, guna menjamin keamaanan dan keselamatan serta kondusifitas Kamtibmas menjelang saat dan pasca Idul Fitri 1436 H, maka Polri didukung kekuatan TNI, pemerintah daerah, mitra Kamtibmas dan stakholders lainnya serta segenap potensi masyarakat, menggelar operasi Ramadniya Siak  2016 

Dan yang difokuskan pada pengamanan ini, yakni segala bentuk aktivitas masyarakat, serta arus lalu lintas perjalanan mudik maupun kembalinya. Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan penegakkan hukum secara proporsional. 

Jadi, melalui operasi ini diharapkan dapat terwujud kondisi kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman. Ditandai dengan berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas, korban meninggal dunia, titik kemacetan serta lancarnya lalulintas khususnya pada saat arus mudik dan arus balik nantinya,” tuturnya.