PLN Targetkan 2021, Seluruh Riau Dialliri Listrik

Tidak ada komentar 570 views
example banner

sutt

“Dewan harap jangan hanya janji”

PEKANBARU, Riau Andalas.com– PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) targetkan tahun 2021 seluruh kabupaten/kota se Provinsiri Riau merata dialiri listrik. Hal itu sesuai pembangunan pembangkit listrik yag di lakukan PT PLN Persero 35.000 MW untuk Indonesia yang 11.000 MW untuk Sumatera.
11.000 MW yang diberikan untuk Sumatera tersebut. Mampu untuk memenuhi kebutuhan listrik seluruh kabupaten kota di Riau yang saat ini baru terpenuhi sekitar 72 persen.

Menurut GM PLN WRKR Feby Joko Priharto beberapa waktu lalu, pada tahun 2017 depan pihaknya telah menggesah pengaliran listrik dibeberapa kabupaten kota. Dimana targetnya akan meningkat sekitar 75 persen dari 72 persen sebelumnya. Tergat itu juga menimbang pembangunan sembilan gardu induk yang akan menyalurkan listrik PLTU Tenayan Raya.

Adapun kabupaten kota yang digesah tersebut. Diantaranya Kabupaten Bagansiapi-api, Kawasan Industri Dumai, Pasirpengaraian, Lipatkain, Pangkalan Kerinci, Pasir Putih, Rengat, Tembilahan dan Kuala Enok yang pengerjaanya sedang berjalan.

Selain dialiri listrik secara merata tambahnya, pengembangan pembangunan pembangkit listrik tersebut juga akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Karena untuk pengoperasionalkan pembangkit itu memerlukan tenaga sumber daya manusia. Sehingga akan menampung tenaga kerja yang cukup banyak.

“Program pembangkit listrik ini juga akan mampu menyaingi tenaga kerja kelistrikan tingkat ASEAN,. Seperti Thailand, Singapura dan lainya yang bisa seimbang dengan penduduk,” tutur Feby.

Menaggapi hal tersebut Anggota DPRD Riau, berharap tidak hanya sekedar janji dari pihak PLN. Karena dengan kondisi yang ada saat ini masyarakat masih pesimis dengan PLN. Apa lagi pemadaman yang masih saja dilakukan.

“Kita sangat mengapresiasi terget PLN itu, mudah-mudahan terealisasi dan tidak hanya janji,” kata Ketua Komisi C DPRD Riau Aherson, jika untuk program tersebut pihaknya siap suport PLN dalam perelaisasian kedepan