Pilkades Serentak 12 Desember 2018, Masa Tenang, Aktifitas Kampanye Ditiadakan.

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang II tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan digelar Rabu (12/12/2018) mendatang.

Kini, seluruh panitia Pilkades di 51 desa yang akan gelar Pilkades, tengah mempersiapkan dan menyampaikan surat undangan Pilkades, termasuk alat kelengkapan di tempat pemungutan suara (TPS).

Ada 168 calon kepala desa sudah selesai gelar kampanye Pilkades serentak gelombang II, dimulai 4 hingga 6 Desember 2018 lalu. Selurut atribut peraga kampanye harus ditertibkan oleh Panwas desa yang bekerjasama dengan tim pemenangan calon kades masing-masing.

‘’Saat ini, sudah memasuki tahapan masa tenang 7 hingga 11 Desember mendatang. Bagi seluruh calon kepala desa maupun tim sukses pemenangan calon kades, tidak lagi melakukan aktifitas yang berbau kampanye,”

“Kita telah pantau di lapangan, masing masing Panwas Pilkades di 51 desa telah menertibkan seluruh alat peraga kampanye di lapangan,’’ sebut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Rohul Prasetyo Sip Minggu (9/12/2018), terkait tahapan Pilkades Serentak Gelombang II tingkat Kabupaten Rohul tahun 2018.

Prasetyo juga mengatakan, masing-masing Panpelkades di 51 desa yang akan gelar Pilkades Serentak, sedang sibuk mempersiapkan surat undangan untuk disampaikan kepada masyarakat desa serta menyiapkan 264 Tempat Pemugutan Suara (TPS).

‘’Kita telah menginstruksikan ke masing-masing Panpelkades, sehari menjelang pelaksanaan Pilkades serentak, seluruh persiapan termasuk surat suara, alat kelengkapan di TPS sudah siap. Sehingga pada hari pencoblosan, masyarakat sudah bisa datang menyalurkan hak suaranya dalam menentukan pemimpin di desanya masing-masing,’’ katanya.

Prasetyo menghimbau agar seluruh calon Kades maupun tim sukses pemenang masing-masing calon Kades, agar dapat menjaga situasi Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang II khususnya di tengah tengah masyarakat desa umumnya tingkat Kabupaten Rohul.

Juga diingatkan ke seluruh Panpelkades di 51 desa, agar jangan sampai ada masyarakat yang tidak mendapatkan surat undangan pada Pilkades. Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang II , Rabu (12/12/2018) dimulai pukul 07.30 hingga pukul 14.00 Wib. Masing masing Panpelkades telah selesai cetak surat suara Pilkades, termasuk kotak surat suara yang dibuat secara swadaya.

‘’Pada pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang II, Rabu (12/12), Bupati Rohul H Sukiman bersama Forkopimda, dihadwalkan akan meninjau ke lapangan, dengan melihat langsung proses demokrasi di sejumlah desa yang menggelar Pilkades Serentak tahun ini,’’ jelasnya.***(Alfian Tob)