Pilkada 2017, Partai Mulai Gesah Koalisi PDI-P berkoalisi dengan PPP, Golkar dengan PKB

example banner

images (14)

 

*Partai Golkar secara resmi mendukung Ramli Walid dan Irvan Herman Abdullah paslon Walikota Pekanbaru periode 2017-2022.

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Tahapan proses pendaftaran balon Pilkada Pekanbaru 2017 mendatang tinggal hitungan hari, yaitu tanggal 19-20 yang diselenggarakan KPU Pekanbaru.

Menimbang waktu yang sudah relatif singkat itu, beberapa partai di Pekanbaru mulai gesah penjalinan koalisi antar partai. Bahkan sudah ada yang dinyatakan memiliki pasangan Balon yang akan diusung maju pada Pilwako Pekanbaru 2017 mendatang.
Seperti PDI-Perjuangan berkoalisi dengan PPP dan Golkar berkoalisi dengan PKB dan PAN.

Sesuai informasi yang berhasil dirangkum Pekanbaru Pos dilapangan, dari beberapa partai yang sudah berkoalisi tersebut sudah ada partai yang menyatakan sudah memiliki pasangan balon. Yaitu Golkar yang menyatakan mengusung Ramli Walid dari Golkar berpasangan dengan Irvan Herman dari partai PAN, tambah lagi dukungan dari PKB yang sebelumnya telah menyatakan mendukung Ramli Walid.

Penetapan Ramli Walid berpasangan dengan Irvan Herman maju maju pilwako 2017 mendatang, sesuai keputusan DPP Golkar yang disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pemenangan Pemilu Sumatera 2, Ir Sudirman Almoen. Menurutnya keputusan itu, merupakan Hasil rapat Tim Pilkada (Pemilu Kepala Daerah) DPP Partai Golkar beberapa waktu lalu di Jakarta. Dimana untuk Pilwako Pekanbaru Golkar sudah meemberikan restu dan menetapkan pasangan Balon Walikota Pekanbaru Ramli Walid sebagai Walikota dan Irvan Herman sebagai Wakil Walikota Pekanbaru Priode-2017-2022 mendatang.

Sementara PDI-Perjuangan dengan PPP, baru dalam menetapkan koalisi partai dan belum menetapkan Balon yang akan disusung, meskipun PDI-P dan PPP sudah memiliki rekomendasi untuk balon maju Pilwako 2017 mendatang.

Menurut ketua DPC PDI-Perjuangan, Robin Hutagalung, saat ini PDI-P sedang dalam menjalin koalisi antar partai yang selanjutnya akan dibawa ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi balon. Meskipun sebelumnya DPP PDI-P sudah mengeluarkan surat tugas untuk balon yang akan diusung kedepan.

“Kita sudah menerima surat tugas untuk salah satu Balon PDI-P. Surat tugas itu bertujuan untuk menjalin koalisi antar partai yang selenjutnya diajukan ke DPP untuk mendapat rekomendasi,” kata Robin.

Terkait surat tugas DPP diberikan pada balon mana, ia menyetakan tidak memiliki wewenang untuk menyampaikan. Karena itu keputusan DPP yang akan merekomendasikan kedepan. yang jelas saat ini DPC bersama balon yang mendapat surat tugas diminta untuk menjalin koalisi partai. Sehingga kedepanya segera diberikan rekomendasi untuk diusung.

“Yang pasti kita sudah memiliki surat tugas untuk balon itu, tapi siapa orangnya kita tunggu saja pengumuman dari DPP dalam waktu dekat ini,” kata Robin.(Dri)***