Persiapkan Alat untuk Melihat Gerhana Bulan

Tidak ada komentar 172 views

PEKANBARU,Riauandalas.com– Gerhana bulan Super Blue Blood Moon akan berlangsung malam ini. Bagi traveler yang ingin menonton, ini dia persiapannya.

Dihimpun detikTravel, Rabu (31/1/2018) ada kiat-kiat khusus yang harus diperhatikan traveler sebelum menonton gerhana bulan. Tentunya, karena fenomena ini langka dan banyak orang yang juga berburu untuk mendapatkan gambar terbaik.

Nah, berikut 5 tipsnya:
 

  1. Jangan bawa tas besarKarena menonton gerhana biasanya di pusat keramaian yang luas, baiknya bawalah tas kecil saja. Ini akan mempermudah traveler saat berdesakan dengan orang-orang. Bawa barang seperlunya dan akan mudah dijangkau di dalam tas kecil.

    2. Membawa kamera

    Sudah pasti, fenomena 150 tahun sekali ini diincar oleh banyak khalayak. Jangan sampai kamu ketinggalan momen ya.

    Bawalah kamera untuk memotret gerhana bulan dan mengabadikan momen. Siapa tahu, itu bisa jadi kenangan berharga yang bisa disimpan lho. Bawa tripod kalau perlu, biar makin sip.

    3. Membawa makanan

    Agar lebih efisien, bawalah bekal makanan atau minuman. Sebabnya, peristiwa gerhana akan terjadi pada saat jam makan malam. Kalau tiba-tiba lapar dan mesti beli makanan, lalu kehilangan spot yang cocok untuk melihat gerhana, sayang kan?

    Bawalah makanan yang juga mudah dan tidak sulit untuk dibuang limbahnya. Hindari membawa sup, atau yang bersifat cair. Bawalah di dalam kertas pembungkus makanan untuk mengurangi risiko ketinggalan tempat makan. Ingat, buanglah sampah pada tempatnya ya.

    4. Datang lebih awal

    Fenomena gerhana dimulai pukul 17.49 WIB dan gerhana sebagian dimulai pukul 19.48 WIB. Kalau bisa, datanglah lebih awal sekitar pukul 16.00 atau 17.00 WIB.

    Ini agar mempermudah traveler untuk mencari tempat terbaik melihat gerhana. Selain itu, kamu tidak perlu berdesakan dengan penonton lainnya jika datang lebih awal.

    5. Selalu jaga kebersihan

    Apapun kegiatannya, sudah wajib untuk menjaga kebersihan. Pastikan jangan membuang sampah sembarangan.

    Jika tidak menemukan tempat sampah, bawalah terlebih dahulu di dalam tas. Hindari juga vandalisme atau merusak tempat yang ada. Jadilah traveler dan penonton yang baik ya. (sna/fay)