Peringatan HPN Tingkat Rohul 2017 Di Meriahkan Oleh Polisi Cilik

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – Polisi Cilik (Pocil) dari Tunas Bangsa binaan Kepolisian Sektor Rambah Hilir, ikut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (HPN) tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (2/5/2017) pagi.

Dalam atraksi para personil Pocil Tunas Bangsa  gabungan dari beberapa sekolah dasar di Kecamatan Rambah Hilir, sebelumnya diresmikan Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH, 6 Maret 2017 lalu, dan dapat perhatian penuh dari semua yang hadir.

Diperingatan HPN 2017 dipimpin Plt Bupati Rohul H. Sukiman tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”, juga diberikan penghargaan ke para juara O2SN dan FLSN tingkat Kabupaten Rohul dilaksanakan April 2017. UPTD Diskpora Kecamatan Rambah keluar sebagai juara umum pada agenda tahunan tersebut.

Di peringatan HPN 2017, juga diberi penghargaan berupa tropy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan kepada Pustaka Desa terbaik. Dalam hal ini Pustaka Desa Masda Makmur Kecamatan Rambah Samo sebagai juara pertama, disusul Perpus Desa Rambah Utama Kecamatan Rambah Samo, dan Desa Batas Kecamatan Rambah.

Sementara, untuk juara harapan satu diraih Perpus Desa Rambah Tengah Utara Kecamatan Rambah, disusul Perpustakaan Desa Rambah Hilir, dan Perpustakaan Desa Kepenuhan Barat Mulya Kecamatan Kepenuhan.

Pidato tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang dibacakan Plt Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, pemerintah kini terus berupaya membangun karakter bangsa melalui dunia pendidikan agar tercipta Reformasi Pendidikan.

Usai apel, Sukiman menyatakan Pemkab Rohul terus menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk kemampuan para tenaga pendidik, dalam upaya meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena merupakan bagian penting bagi anak-anak Rohul.

Seperti yang disampaikan serta pesan Ki Hajar Dewantara jelas Sukiman, upaya meningkatkan dunia pendidikan harus ditingkatkan kemampuan dan pengetahuan tenaga pendidik, sehingga memberikan yang terbaik bagi anak-anak.

“Saya ingatkan, jangan lupa masalah disiplin juga harus diutamakan dan ditanamkan ke anak didik,” pesan Sukiman.

Kemudian, para tenaga pendidik juga harus mampu menggugah semangat anak didiknya, dan memberi contoh baik. Menerapkan Tut Wuri Handayani, sebagai upaya untuk memberikan dorongan kepada pelajar.

Sementara itu, menurut Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, bukan hanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) saja, pembangunan infrastruktur pendidikan juga penting, dalam upaya merubah karakter bangsa dan karakter generasi Rohul.

“Sehingga, nantinya kualitas pendidikan yang didapatkan betul-betul memberi jaminan mutu kehidupan di masa yang akan datang,” tegasnya.

Sedangkan Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr. Adolf Bastian MMPd, mengatakan,pada meningkatkan kualitas pendidikan harus dimulai dari peningkatan SDM, dalam hal ini tenaga pendidik atau guru.

Kemudian, upaya meningkatkan tenaga pendidik dan mutu pendidikan, UPP membangun nota kesepahaman atau MoU dengan Pemkab Rohul, untuk memberikan pelatihan kepada para guru secara berkala, sehingga mereka mampu berkompetensi.

“Karena tujuan dari kerjasama dengan Pemkab Rokan Hulu adalah peningkatan SDM,” sebut Adolf. *** ( Alfian)