Penuntasan kegaduhan Eskalasi Tetap gunakan Hak angket

Tidak ada komentar 443 views

Riauandalas.com- Meskipun beberapa fraksi menarik anggota untuk menggunakan hak angket dalam penyelesaian persoalan pembayaran eskalasi. Beberapa Anggota Fraksi tetap ngotot penyelesaian menggunakan hak angket. Diantaranya fraksi dari partai PAN Ade Hartati yang menyayngkan sikap anggota fraksi keluar dari kesepakatan yang sebelumnya telah disetujuai. Pada hal hak angket itu merupakan hak anggota dewan yang bukan merupakan keputusan faraksi. 


Hal tersebut disampaikan Ade Hartati, yang menyayangkan jika penarikan anggota fraksi menggunakan hak angket itu merupakan kebijakan yang tidak sesuai dengan kewenangan anggota dalam keputusan hak angket.

“Kalau untuk fraksi PAN, keputusan itu diserahkan pada masing-masing anggota, jadi bukan berdasarkan perintah,” ujar Ade Hartati selaku Ketua Fraksi PAN DPRD Riau

Hal senada juga disampaikan anggota fraksi partai Hanura Muhammad Adil. Dikatakanya, jika keputusan hak angket itu tidak bisa ditunggangi karena merupakan hak pribadi bagi anggota dewan yang bukan ditentukan fraksinya. Tambah lagi saat ini negara sudah demokrasi dalam menyampaikan pendapat  dan dilindungi negara.

“Maka itu kita menyayangkan keputusan yang diambil beberapa fraksi tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh katanya, meskipun yang laik menyatakan mundur atau tidak menggunakan hak angket dalam penyelasaian permasalahan eskalasi ini, ia akan tetap menggunakan fraksinya untuk hak angket. Karena permasalahan eskalasi ini sudah melanggar aturan yang ada.

“Masalah ini harus dibuka secara terang benderang, yang jelas prosedur pembayaran eskalasi ini sudah melanggar. jadi kalau yang lain menarik keputusan tidak menggunakan hak angket, tidak mesalah, biar saja masyarakat menilai bagaimana seperti apa anggota dewan itu,” tuturnya.(dri)***