Penguatan Binter, Danrem 031/WB Ikuti Rapat Evaluasi SKK Migas Wilayah Sumbagut

example banner

PEKANBARU – Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan mengikuti rapat Evaluasi SKK Migas Wilayah Kerja Sumbagut secara Vicon, Jumat (18/9) di Ruang Yudha Makorem 031/Wira Bima Pekanbaru.

Rapat yang dipimpin Aster Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto didampingi Kepala Departemen Security SKK Migas dan Pati LO SKK Migas tersebut, juga hadiri Kasdam I/BB dan para Dandim jajaran Korem 031/WB serta para Kasi dan pihak PT Chevron Pacifik Indonesia, Pekanbaru Riau.

Pebahasan dalam rapat tersebut, terkait evaluasi pelaksanaan perjanjian kerja sama (PKS) antara SKK Migas dengan TNI AD melalui kegiatan Penguatan Binter yang dilakukan oleh Kodam I/BB dalam hal ini Korem 031/WB yang telah dimulai beberapa bulan yang lalu.

Menurut pengakuan Genderal Menager Security PT CPI Bapak Akson Brahmantyo dalam sambutannya, perjanjian kerja sama (PKS) yang dilakukan oleh SKK Migas dan TNI AD yang ditindaklanjuti dengan kegiatan penguatan Binter oleh Korem 031/WB ini berjalan dengan baik dan sangat besar manfaatnya dirasakan PT Chevron Pacifik Indonesia dalam operasional.

“Untuk itu kami berharap kerjasama ini terus berjalan dengan baik dan terjaga sebagaimana mestinya kedepan,” katanya.

Sementara Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan SKK Migas yang telah melaksanakan kerja sama dan mempercayai Korem 031/WB untuk melaksanakan kegiatan penguatan Binter di PT Chevron Pasifik Indonesia di Pekanbaru, Riau.

“Untuk penguatan Binger ini ada 5 kodim yang melaksanakan. Dan kami selalu berkomunikasi, berkolaborasi dan bekerja sama dan besinergi dalam melaksanakan pengamananan aset-aset yang ada serta secara rutin melalui Babinsa dan Kodim sehinga berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.” Ujar Danrem.

Kepada Aster Kasad, Danrem menyarankan, jika dalam program ini juga ada dilakukan kegiatan terkait karya bakti untuk masyarakat di sekitar PT Chevron Pasifik Indonesia. Dimana menurutnya kegiatan itu juga perlu dilakukan karena cukup pontensial untuk mengeliminir semua kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu operasional dari PT Chevron Pasifik Indonesia.

Sementara, Aster Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto mengapresiasi kegiatan rapat evaluasi ini karena sangat penting untuk mengetahui apa yang sudah kerjakan selama periode waktu tertentu. Tambah lagi adanya masukan, saran dan laporan serta kendala yang terjadi di lapangan.Sehinga ia berharap rapat evaluasi seoerti ini bisa terus dilaksanakan secara rutin kedepan.

“Perjanjian kerja sama ini merupakan wujud dan implementasi dari UU TNI, dimana disebutkan tugas TNI dalam OMSP salah satunya membantu pengamanan Objek Vital Nasional.”ujarnya.

 

Dilihat dari hasil yang dicapai, penguatan Binter yang telah dilakukan di Sumbagut khususnya oleh Korem 031/WB, dimana jauh lebih baik dibandingkan dengan di Sumbagsel.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB dan Danrem 031/WB, karena telah melaksanakan tugas ini dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan. Saya berharap komunikasi terus dilaksanakan terutama apabila terjadi kendala atau hambatan di lapangan tampa harus menunggu rapat evaluasi” Tutur Aster

Sedangkan terkait saran yang disampaikan Danrem 031/WB, ia sangat setuju dan merespon baik. Dimana kedepan ia akan mendiskusikan apa program yang akan dilakukan.

“Saya sangat setuju kegiatan ini dilakukan. Saya akan diskusikan termasuk bentuknya programnya seperti apa, karena karya bakti ini bisa memberdayakan masyarakat yang nantinya menjadi jaring pengamanan di lapangan sehingga hasil kegiatan ini menjadi lebih maksimal.” Ungkapnya. (Pen031)