Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rohil Gelar Bimtek Pemungutan Suara PTPS Jelang Pilkada.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir Terus melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Rokan Hilir Tahun 2020.

Kegiatan Bimtek berlangsung di Gedung Pertemuan Paguyuban Warga Jawa yang terletak di Jalan Pelabuhan Baru Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Rabu, 03 Desember 2020.

Hadir selain Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Jaka Abdillah juga Panwascam dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se Kecamatan Bangko serta tamu undangan lainnya.

Usai kegiatan bimtek itu, Koordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Jaka Abdillah mengatakan, kegiatan  itu dilakukan pihaknya dari pagi sampai sore merupakan modal pengetahuan bagi PTPS yang sudah dilantik seminggu yang lalu.

“Nah kegiatan ini merupakan tanggungjawab Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rokan Hilir untuk melantik dan memberikan arahan kepada seluruh PTPS supaya mereka mempunyai bekal dalam melakukan pengawasan sebelum, selama dan sesudah hari H yakni 9 Desember nantinya,” katanya.

Jaka Abdilah merupakan satu-satunya narasumber kegiatan bimtek tersebut juga menjelaskan, bahwa PTPS juga mengawasi pelaksanaan kampanye paslon dan juga memantau masa tenang serta pengawasan proses pemungutan dan penghitungan suara, dengan bimtek ini diharapkan mereka nanti mendapatkan pengetahuan yang memadai sebagai seorang pengawas pemilu.

“PTPS yang telah dilantik sama jumlahnya dengan jumlah jumlah TPS yang ada di Rokan Hilir yakni sebanyak 1325 TPS,” jelasnya.

Kata Jaka Lagi,  kebetulan pihaknya pagi ini dan sore melakukan bimtek di kecamatan bangko,  jumlahnya 177 orang yang mengikuti bimtek pada hari ini, namun besok juga pihaknya akan melakukan bimtek PTPS di Kecamatan Pekaitan dan PTPS Kecamatan Sinaboi.

Sementara pimpinan Bawaslu Rokan Hilir ada yang turun ke Kecamatan Pasir Limau Kapas, Tanah Putih dan juga ke Kubu dan Kubu Babussalam.

“yang kita sampaikan ini sesuai dengan buku saku bagi PTPS, buku saku ini berisi tentang aturan-  aturan dan tata kerja pengawas TPS selama dan pada saat hari pemungutan suara, buku saku ini nantinya mereka paham sejauh mana tugas dan tanggung jawab mereka dalam melakukan pengawasan 9 Desember ya,” pungkasnya.(Said)***