Pengamat Prediksi Pilkada Pekanbaru 3 Pasang

Tidak ada komentar 459 views
example banner

images-23

*kondisi Terkini, PDI-P pedomana partai tentukan pilihan

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Melihat proses Partai Politik (Parpol) dalam mengusung Calon Pilkada Pekanbaru 2017 mendatang. Pengamat politik Riau prediksi pilwako Pekanbaru 3 pasang Calon. Hal itu sesuai pinilaian partai terhadap balon yang kesulitan untuk mencari balon yang akan diusung. Karena balon yang sebelumnya menyatakan maju Pilkada Pekanbaru tidak memenuhi kuota survei yang diharapkan partai.

Hal tersebut disampaikan pengamat Politik Riau Saiman Pakpahan, dikatakanya sesuai informasi dari partai, tidak satupun Balon yang maju Pilkada Pekanbaru yang memenuhi kuota surve yang diharapkan partai. Dimana rata-rata hasil surve balon hayan rata-rata 45-50 persen. Sedangkan yang diharapkan partai diatas 70 persen.

Menurutnya, sesuai pilkada-pilkada sebelumnya jauh hari sebelum pendaftaran di KPU sudah banyak partai maupun balon yang melakukan deklarasi. Karena sudah dapat keputusan dari DPP. Semenatara saat ini tidak satupun pasangan yang melakukan deklarasi pada hal waktu pendaftaran KPU sudah dekat.

“Sesuai yang kita lihat selama ini, hanya ada beberapa balon yang bisa diusung oleh pasrtai. Sementara balon itu juga sudah banyak deperbutkan partai termasuk partai besar sebelumya yang kemudian memutuskan untuk bergabung,” katanya.

Akibat bergabung partai-partai besar itu, jelasnya tinggal beberapa partai yang akan diharapkan balon. Namun untuk bisa tetap maju juga sudah mendapat kesilitan. Karena partai yang tersisa saat ini juga tidak banyak kursi yang harus berganbung dengan beberapa partai untuk mencukupi perahu.

Disinggung siapa 3 pasangan yang dimaksud, ia menyatakan tidak sulit untuk menentukan, karena dari informasi saat ini hanya satu partai besar yang belum ada keputusan. Yaitu PDI-P yang juga jadi patokan oleh masyarakat maupun partai. Jika PDI-P sudah ada pasangan bisa yang lain ikut begabung. Karena PDI-P juga berpengaruh pada pemegang pemerintahan saat ini.

“Kenapa PDI-P jadi penentu saat ini, karena partai lain sudah emngeluarkan calon yang akan diusung, seperti Golkar, PAN, PKB, Demokrat PKS, sedangkan partai lain masih menunggu keputusan PDI-P. Maka itu kita yakin keputusan PDI-P juga menjadi panutan partai lain untuk menentukan pilihan. Sehingga bisa diyakinkan hanya 3 pasanga balon yang akan maju pilkada Pekanbaru,” kata Saiman. (Dri)