Pemprov Riau Siap Bantu Merenovasi Venue yang Belum Selesai

PEKANBARU, Riauandalas.com- Gubernur Riau (Gubri), H Syamusar kukuhkan panitia besar Pekan Olahraga Provinsi X tahun 2021 yang dipimpin lansung oleh Bupati Kuansing Mursini. Ahad (23/2) di aula sport centre, Kebun Nopi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kansing).

Pengukuhan tersebut juga dihadiri Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, Kadis Kebudayaan, Yoserizal Zein, Kadispora, Doni Aprialdi, Ketum KONI Riau, Emrizal Pakis, unsur Forkopimda Kuansing. Dimana menurut Gubri Syamsuar, Persiapan memang harus dimulai tahun 2020 ini, masa pelaksanaan tidak sampai satu tahun. Apalagi masih banyak venue yang belum selesai. Sekda, Kadispora, dan yang lain ditugaskan untuk melakukan pengecekan, dan mengharapkan adanya perhitungan angka yang jelas terhadap perbaikan yang akan di sempurnakan.

Pemprov Riau siap untuk membantu penganggaran penyelenggaraan Porprov X, termasuk ikut membantu merenovasi dan membenahi venue cabang olahraga yang belum selesai. Namun perlu pengecekan yang tepat dari tim Pemprov Riau dalam pengadaan anggaran.

“Anggaran yang diajukan tidak bisa diabaikan saja, perlu mengecek kapan harus memasukkan di APBD Provinsi, baik berupa renovasi, penyempurnaa dan biaya penyelenggaraan. Lebih cepat lebih bagus, dapat memotivasi bekerjasama bersatu padu agar penyelenggaraan berjalan lancar. Jangan ada lagi venue kita yang tidak dimanfaatkan seperti venue eks PON,” kata Syamsuar.

Pada kesempatan tersebut, Gubri menyampaikan bahwa, dari penyelenggaraan Porprov ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi dari daerah. Sehingga dapat menperkuat dan membawa nama harum Riau baik ditingkat nasional maupun Internasional.

“Kemampuan dari atlet kita sangat memungkinkan banyak venue yang termanfaatkan secara maksimal. Dari Porprov ini diharapkan lahirnya para atlet berprestasi baik tingkat daerah, nasional dan Internasional,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kuantan Singingi, Mursini, berterimakasih dengan kehadiran Gubernur Riau, dan langsung melantik PB Porprov X Kuansing. Dan ia berharap dari Gubernur Riau untuk bisa membantu Kuansing dalam menyelesaikan pembangunan Venu dan penyelenggaraan, yang masih kurang.

“Kita dipercaya sebagai tuan rumah 2021 sesuai dengan SK Gubernur Riau,
Melaksanakan amanah menggandeng kerjasama dan sukseskan Porprov Riau. Tugas kita PB mensukseskan bekerjasama, bagaimana pun beban berat ini pikul bersama,” kata Mursini.

“Dana persiapan Porprov sebesar 36 miliar tahun 2020, akan dilakuan untuk pembangunan venue renang, rehabilitasi venue dayung, panjat tebing, sport centre dan lainnya. Pak Gubernur dapat membantu dan alokasi pembangunan venue. Ada empat sukses Porprov ini, yakni, sukses adminsitrasi, sukses pelaksanaan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif,” tutur Mursini.(dre)