Pemko Pekanbaru Butuh 1100 Guru ASN 

Tidak ada komentar 268 views


Kadisdik Sudah Jumpa Kemenpan-RB

PEKANBARU,Riauandalas.com– Saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru membutuhkan setidaknya 1100 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk beberapa mata pelajaran.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru,  Abdul Jamal Mpd mengatakan bahwa pihaknya sangat membutuhkan guru ASN  ini untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.
“Kalau SMP, kebanyakan kita butuh guru untuk mata pelajaran olahraga dan agama. Tapi,  untuk SD, kita butuh guru kelas,” ujar Jamal  kemarin.
Dijelaskan Jamal, bahwa guru agama itu kalau dulu kan dari Kemenag. “Nah sekarang kita sudah tidak dapat lagi. Sementara kalau guru kelas, dia kan bisa mengajar untuk beberapa mata pelajaran,” sebut Jamal.
Lanjut Jamal,  saat ini jumlah guru Pemko Pekanbaru memiliki total 8000 guru. “Kita tidak mengatakan kalau sekarang kita kekurangan guru. Di sekolah ada guru, tapi itu kan tenaga honor komite. Nah kita tidak mau itu. Kita dahulukan ASNnya, supaya dia sejahtera dan punya profesionalisme atau kualifikasinya jelas,” ungkap Jamal.

Jamal menambahkan, dari kebutuhan 1100 guru PNS itu, terdapat 800-an lebih untuk Sekolah Dasar, dan 200-an untuk Sekolah Menengah Pertama.
Diterangkan Jamal, ia dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST MT  pada akhir tahun 2017 lalu sudah langsung menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk meminta kuota ASN ini.
“Ini memang sudah kebutuhan. Kami sudah langsung jumpai Menpan-RB di akhir tahun lalu, karena ini darurat,” ujar Jamal.
Berdasarkan pertemuan tersebut, urai Jamal Menpan-RB meminta agar Pemko Pekanbaru menyiapkan Analisis Jabatan (Anjab).
“Secara garis besar dari Kemenpan-RB, bahwa mereka minta Anjab. Kita sudah buatkan Anjabnya, dan sudah kita kirimkan itu.  Oleh sebab itu, sekarang kita masih menunggu keputusannya,” tutup Jamal. Hn