Pemkab Rohul Melalui Dinsos PPPA Sosialisasikan Puskesmas Layak Anak

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Saat ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) terus berupaya wujudkan daerahnya menjadi salah satu Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia, dan itu jadi program prioritas Pemkab Rohul ke depannya.

Selain sudah menerapkan Sekolah ‎Ramah Anak, Pemkab Rohul melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PPPA) Rohul, kini tengah menyiapkan program Puskesmas Layak Anak.

Program tersebut, diperkirakan baru akan dimulai tahun 2019, dan dengan Sosialisasi‎ Puskesmas Layak Anak Tingkat Kabupaten Rohul 2018 di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pangaraian, Rabu (28/11/2018).

Sosialisasi dibuka Bupati Rohul H. Sukiman, diwakili Staf Ahli Bupati Rohul Bidang Pemerintahan dan Hukum Jaharudin, diikuti puluhan peserta, mulai Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha Puskesmas se-Rohul‎, para Camat, serta Ketua TP PKK dari 16 kecamatan.

Plt Kepala Dinsos PPPA Rohul Ir.M.Ruslan M.Si, diwakili Kabid PPA Dinsos PPPA Rohul Tri Alfina Lestari S.Pd mengatakan, Kabupaten/ Kota Layak Anak merupakan sebuah sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak, dan perlidungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Ditegaskannya, bahwa anak sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002, ungkap Tri, merupakan masyarakat yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

“Pelayanan Ramah Anak (PRA), sebagai upaya atau pelayanan dilakukan berdasarkan pemenuhan perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak,” sebut Tri, di‎dampingi Kasi Perlindungan Telly Suryanan A.Mk, dan Kasi Tumbuh Kembang Anak Mashuri Lubis SP.

Sebut Tri lagi, saat ini diperlukan Puskesmas yang berikan Pelayanan Rambah Anak, dikarenakan sepertiga jumlah penduduk Indonesia adalah anak-anak.

“Karena pemakai jasa Puskesmas di Indonesia 15 persennya merupakan anak-anak,” ungkap Tri, dan mengakui di sosialisasi pihaknya hadirkan dua narasumber, yakni Hendra Jamal dari Kementrian PPPA, serta dra. Risnawati Apt dari Dinas PPPA Provinsi Riau.

Staf Ahli Bupati Rohul Bidang Pemerintahan dan Hukum Jaharudin mengatakan, bahwa tujuan dari Sosialisasi ‎Puskesmas Layak Anak ini dalam rangka mewujudkan Kabupaten/ Kota Layak Anak‎.

“Program ini sangat disupport Bupati Rohul H Sukiman, dan akan masuk dalam program strategis ke depannya. Karena kita tahu anak adalah generasi dan aset negara yang perlu dijaga dan dilindungi, serta perlu ditingkatkan kualitasnya,” ucap Jaharudin.

Dalam penerapan Puskesmas Layak Anak, kata Jaharudin,‎ perlu ditingkatkan darisisi pelayanan untuk anak, seperti tempat istirahat, tempat khusus ibu menyusui, atau taman bermain anak.

“Sehingga bagaimana daerah nantinya bisa menciptakan tempat-tempat pelayanan itu mampu membuat suasana yang lebih representatif‎ untuk semua kalangan, termasuk untuk anak,” ujarnya.

Jelas mantan Kepala BPKAD Rohul lagi, sejauh ini baru tahap sosialisasi dalam menerapkan Puskesmas Layak Anak, dan di tahun depan akan menjadi program prioritas pemerintah daerah.

Jaharudin juga mengharapkan ke seluruh peserta untuk serius mengikutinya, sebab sosialisasi ini bukan acara seremonial semata, tetapi akan menjadi bekal untuk mengimplementasikan Kabupaten Rohul sebagai Kabupaten/ Kota Layak Anak.

(Adv/ Humas Setda Rohul)

 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Rohul Melalui Dinsos PPPA Sosialisasikan Puskesmas Layak Anak"