Pemkab Labuhanbatu Peringati HKN Tahun 2019

Tidak ada komentar 57 views

LABUHANBATU, Riauandalas.com-Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-111 Tahun 2019 di Labuhanbatu, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso mengajak masyarakat bangkit untuk bersatu (kebangkitan untuk persatuan). Pelaksanaan HKN yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika itu berlangsung di lapangan ika Bina Rantauprapat, Senin (20/5/2019).

Ajakan Dandim tersebut dikatakannya saat membacakan pidato tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara. Dandim menjelaskan, dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada kitab pararaton, didalam makna sumpah tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia, wilayah indonesia yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan Nasional kita.

“Peringatan HKN kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan sumpah palapa itu, dimana saat ini kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian masyarakat, dengan aspirasi pilihan yang berbeda-beda, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan Bangsa,” ujar Dandim.

Letkol Inf Santoso juga mengungkapkan, telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa, ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, yaitu dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, kita telah membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kiya pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” ujar Santoso.

Kemudian, Dandim juga menyampaikan, bahwa dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia, bersama dengan Negara-negara besar lainnya, kita harus tetap menjaga agar suasana selalu kondusif panuh harmoni dan persatuan.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT diwakili Sekda Ahmad Muflih SH, MM berharap, melalui momentum HKN dapat membangkitkan semangat kita untuk menjadi bangsa yang hebat, bangkit ekonomi, bangkit martabat, bangkit kualitas, sehingga Indonesia khususnya Labuhanbatu menghidupkan kembali semangat kegotong-royongan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian santunan purna tugas dari Korpri, serta upacara ziarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH, S.I.K selaku inspektur upacara, dan diakhiri dengan acara tabur bunga oleh para peserta upacara.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Labuhanbatu Peringati HKN Tahun 2019"