Pemkab Labuhanbatu Akan Bangun Rumah Nelayan Di Panai Hilir

LABUHANBATU,Riauandalas.com-Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe telah menyiapkan lahan seluas 4 Ha di Sei Baru Kecamatan Panai Hilir untuk membangun kampung nelayan sebanyak 200 unit rumah yang dikhususkan untuk perumahan para nelayan yang layak huni.

Keinginan Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ini terungkap saat ia melaksanakan kunjungan Safari Ramadhan 1440 H Pemkab Labuhanbatu ke Kecamatan Panai Hilir tepatnya di Masjid An Nur Sei berombang, Sabtu (11/5/2019) bersama Sekdakab Ahmad Muflih, para Asisten dan sejumlah Kepala OPD serta Ketua MUI dan Alim Ulama.

Dalam keterangan pers nya Andi Suhaimi Dalimunthe mengungkapkan dan mengatakan, Alhamdulillah hari ini kita mengadakan Safari Ramadhan di Kecamatan Panai Hilir tepatnya di Sei Berombang dan disini saya sampaikan bahwasanya seminggu yang lalu Tim dari Perkim (Perumahan dan Pemukiman) mengadakan survei yang sama-sama kami ketahui bahwasanya ada perumahan nelayan yang insya Allah, mudah-mudahan seijin Allah bisa kita bangun di Sei Baru dan disitu sudah ada menghibahkan tanah seluas 4 Ha.

Mudah-mudahan itu akan kita bangun, apakah model bertahap atau langsung, itu ada sebanyak 200 unit, yang mana nelayan rumahnya tidak layak huni akan kita relokasikan ke daerah tersebut, mungkin ini nol subsidi ataupun hanya pemberian seperti pengganti rumah yang tidak layak huni, rumah tersebut akan kita ambil dan kita ratakan untuk membuat dipinggiran laut itu tidak ada lagi perumahan nelayan dan kita relokasikan ketempat perumahan yang baru.

Insya Allah, mudah-mudahan ini dalam tahapan pengurusan ke Jakarta, kalaulah ini berhasil, insya Allah memang ini digunakan untuk masyarakat khususnya masyarakat yang berada di sei berombang ini dan terkhusus untuk masyarakat nelayan yang ada di Sei Berombang ini.

Menurutnya, ini dalam tahap pengurusan, mudah-mudahan ini sudah kita bawa dan kita cek apakah tanah tersebut hutan lindung atau tidak. Mudah-mudahan ini tidak kena hutan lindung, kalau tidak kena hutan lindung regulasinya ke BPN/ke akte dari pada tanah tersebut akan kita bawa ke pusat atau ke pemerintahan yang ada di Jakarta.

Dijelaskan Andi Suhaimi “kalau yang namanya di pinggir pantai itu tidak ada yang namanya hak dari pada pemilik, itu hanya hak pakai, kalau sertifikat belum dimunculkan atau diterbitkan, mungkin hak pakai itu ada dan nanti mungkin langsung kita buat sertifikat yang kita relokasikan ke daerah yang baru, inilah salah satu nanti keuntungan masyarakat bahwasanya rumah yang ditempati tersebut sudah bersertifikat dan memang layak untuk mereka huni”.

Sebelumnya, dalam kunjungan Safari Ramdhan Pemkab Labuhanbatu di Masjid An Nur Sei Berombang, Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe didampingi Sekdakab Ahmad Muflih telah menyerahkan Bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp.8 Juta ditambah berbagi jenis barang seperti Jam Digital, Dispenser lengkap dengan tabung aqua serta 1 kotak berisi Al Qur’an, Tafsir, Buku-buku kisah agama, buku khutbah jum’at dan buku surat yasin kepada 2 Masjid 4 Musholla dan 1 Surau.

Selain itu, Plt. Bupati Labuhanbatu juga menyerahkan 1 buah Facum Cleaner kepada Ketua BKM Masjid An Nur Sei Berombang yang berasal dari bantuan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat dan memberikan santunan kepada anak yatim/piatu secara simbolis untuk 223 orang anak yatim/piatu yang ada di wilayah Kecamatan Panai Hilir.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Labuhanbatu Akan Bangun Rumah Nelayan Di Panai Hilir"