Pemda Harus Dorong ASN Wujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi

125 views

PEKANBARU, Riauandalas.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) harus mampu mendorong para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk mewujudkan pemerintahan berbasis teknologi.

Jelasnya, hal tersebut sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-842 tentang pedoman tata normal baru produktif dan aman Covid19 bagi ASN di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. Di mana, pemerintah daerah harus mampu mendorong para stakeholder agar mengembangkan mekanisme tata kelola elektronik atau e-goverment.

“Semoga tata kelola berbasis teknologi ini bisa segera terwujud,” katanya saat menyampaikan kata sambutan dalam acara webinar strategi pengembangan kompetensi ASN Pemprov Riau di era new normal tahun 2020-2021 di kantor Bappeda Riau, Kamis (04/6).

Sekda Riau ini juga menyebutkan, instruksi peningkatan kompetensi ASN ini juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 pasal 70 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap ASN memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi.

Serta, lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 menjelaskan bahwa hak dan kesempatan mengembangkan kompetensi tersebut dilakukan paling sedikit 20 jam pembelajaran dalam satu tahun.
“Ini juga sesuai dengan edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 58 Tahun 2020 tentang sistem kerja ASN dalam tatanan normal baru,” jelasnya.

 

Jelasnya, sistem online sekaligus webinar peningkatan kompetensi ASN dalam sistem normal baru ini sebagai momentum strategis dalam mewujudkan tatanan normal baru produktif dan aman Covid19 bagi ASN Pemprov Riau.

Sehingga, komitmen Pemprov Riau dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah tentunya dapat dijadikan contoh bagi masyarakat.
“Kami berharap webinar untuk peningkatan kinerja ASN menuju e-government ini betul-betul diikuti dengan baik,” tuturnya.(dre)