Pelantikan Ketua DPRD, Tinggal Proses Gubri

Tidak ada komentar 455 views
example banner

images (28)

“Dewan akui sudah ajukan surat pada gubri”

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Setelah diumumkan resmi jabat Ketua DPRD Riau Priode 2014-2019 gantikan Suparman. Pelantikan Septina Primawati Rusli belum ada informasi pasti dari DPRD Riau. Pasalnya proses pelantikan tersebut masih menunggu proses pengajuan oleh Gubernur Riau pada Kemendagri yang sebelumnya telah diajukan DPRD Riau.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, diktakanya, surat yang telah disampaikan pada Gubernu Riau tersebut, merupakan tindak lanjut sesuai hasil rapat paripurna DPRD Riau sebelumnya tentang pengumuman nama calon Ketua DPRD Riau dalam rapat paripurna.

“Kita sudah ajukan surat tersebut pada gubernur untuk diteruskan pada mendagri. Sedangkan untuk selanjutnya tergantung pada gubernur untuk melanjutkan,” kata Noviwaldy.

Secara kelengkapan tambahnya, pihaknya telah melengkapi surat permohonan pengangkatan tersebut sesuai prosedur dan aturan yang ada. Sehingga kuncinya kembali pada gubernur Riau untuk menindak lanjuti kepada Mendagri.

“Surat itu lengkap dengan berita acara dan notulen sesuai sidang yang juga surat dari DPRD. Sehingga untuk kelanjutanya kembali pada proses gubernur Riau,” jelasnya.

Lebih jauh poltisi Demokrad ini menjelaskan, proses keputusan pengukuhan tersebut kembali pada pihak Mendagri selaku pemiliki kewenangan.  karena Pemprov Riau tidak hanya mengajukan an tergantung pada proses pengajuan.

“Berapa lama SK tersebut dikeluarkan, tergantung pada mendagri Mendagri. Namun hal itu juga bergantung pada pengajuan gubernur. Jika pengajuan cepat dilakukan maka prosesnya juga akan cepat, begitu juga sebaliknya,”

“Tapa, begaimanapun juga kalau gubernur cepat mengajukan surat itu, kita yakin Mendagri segera memproses. Karena juga menimbang posisi Ketua DPRD yang sudah lama kosong dan juga mempertimbangkan kinerja di DPRD Riau kedepan,” tuturnya.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sebelumnya menyampaikan, jika surat tersebut segera dituntaskan pihak DPRD Riau, pengajuannya akan segera diajukan pada Kemendagri. Agar proses pelantikan segera di proses oleh medagri untuk mengeluarkan SK pelantikan. Sehingga kedepanya kinerja Dewan juga bisa lebih maksimal setelah adanya ketua DPRD Riau yang sebelumnya sempat lama kosong setelah ditinggal Ketua DPRD Riau sebelumnya. (Dri)