Pekanbaru Peroleh Title Diamond Sebagai Kota Tebaik Versi Tempo Dulu

Pekanbaru,riauandalas.com – Kota Pekanbaru memperoleh predikat diamond sebagai kota terbaik versi media Tempo dan Frontier 2015, pada Jum’at (12/6). Dalam penghragaan yang ditaja oleh Tempo Media grup bekerjasama dengan Forntier ini terdapat dua kategori untuk kota dan kabupaten se-Indonesia. 

Wakil Presiden Republik Indonesia , Jusuf Kala membuka acara secara resmi yang bertajuk Indonesia’s Attracttivennes Award 2015 ini. Turut hadir dalam ajang penghargaan ini Hadir Mentri dalam Negri, Tjahjo Kumolo, Mentri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Basuki Hadimuljono serta Mentri perencanaa pembangunan nasional / bappenas, Adrinof Chaniago. 

Dalam acara ini Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT langsung menerima penghragaan yang di berikan langsung oleh Direktur Media Tempo, bambang Harrymurti. Beberpa pejabat Pemko Pekanbaru turut hadir dalam acara ini, seperti, Kepala BKD Pekanbaru, Azharisman Rozie, Kepala BPT PM M jamil, Kepala Disbudpar Hermaniyus dan Kabag Humas Pekanbaru Alex Kurniawan. 

“Ajang ini menelisik potensi kota di Indonesia dari sisi lain dan cara peneilaian berbenda. Alhamdulillah kita menjadi kota terbaik bersama 20an kota lainnya. Ini sebagai motviasi meningkatkan pembangunan Kota Pekanbaru. Hal ini karena penghargaaan ini cukup bergengsi,” ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT saat di wawancarai . 

Ditambahkan Wako, Kota Pekanbaru salah satu kota terbaik dari segala sisi. “Salah satu faktor dari kota investasi,” singkat Firdaus ST MT. 

Wako mengatakan, Kota Pekanbaru  butuh investasi. “Kita patut bersyukur kenaikan investasi kita tiap tahunnyam meningkat signifikan,” sebut Wako. 

Dari awal kepemimpinan Firdaus – Ayat, nilai investasi di Pekanbaru terus meningkat.  Tahun 2013 lalu, Pekanbaru memperoleh investasi sebesar Rp 1,7 triliun dari Badan Penanaman Modal Dalam Negeri ditambah Rp 5,4 triliun dari Pemilik Modal Asing (PMA). Sementara APBD Pekanbaru hanya Rp 2,1 triliun atau 30%nya sala dalam pembangunan Kota Pekanbaru. “Itu investasi yang hanya tercatat di BPTM PM,” kata Wako. 

Sementara tahun 2015 sampai akhir Mei lalu, Pekanbaru mendapatkan investasi dari Badan Penanaman Modal Dalam Negeri sebesar Rp 1,7 triliu. “Akhir tahun 2015 nantu kita tagetkan PMA diangka Rp 20 triliun. “Dana Apbd hanya stimulus pembangunan, selebihnya investasi. Ini salah satu strategi pembangunan kota Metropolitan Madani,” tambahnya. 

Demi memuluskan semua perencanaan investasi di Pekanbaru. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT memberikan intruksi kepada jajaran pemerintah Pemko Pekanbaru untuk siap dan memberikan layanan terbaik dari segi apapun. 

Penghargaan Indonesia’s Attracttivennes Award 2015 ini merupakan motviasi dalam meningkatkan pembangunan serta kemajuan kota Pekanbaru dalam berbagai aspek. Sehingga kedepan Pekanbaru menjadi Kota Potensial dan menjadi kota metropolitan yang madani.**(Hs)