Peduli Warga Terdampak Covid-19, Bupati H. Sukiman Serahkan Bantuan Sembako di 2 Kecamatan

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Selasa (2/6/2020) pagi menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Rambah Hilir dan Kecamatan Kepenuhan Hulu.
Bupati H. Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman sekitar Pukul 8.00 Wib, mengawali penyerahan paket sembako secara simbolis kepada warga di Aula Kantor Camat Rambah Hilir. Kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Kepenuhan Hulu dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan memakai Masker dan Physical Distancing.
Bantuan yang didistribusikan untuk Kecamatan Rambah Hilir sebanyak 436 paket sembako dan Kecamatan Kepenuhan Hulu 93 Paket.
Usai menyerahkan sembako, Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya berharap bantuan sembako ini dapat memenuhi kebutuhan dan meringankan beban masyarakat dalam situasi Pandemi saat ini.
“Hari kita telah menyalurkan bantuan sembako di Kecamatan Rambah Hilir dan Kepenuhan Hulu untuk warga terdampak Covid-19, sebelumnya kita juga telah menyerahkan bantuan sembako di Kecamatan Rambah dan Bangun Purba, sasaran selanjutnya untuk Kecamatan lainnya di Rohul,” ujarnya
“Dalam kondisi seperti ini, tentu tidak sedikit masyarakat merasakan dampak wabah virus Corona, terutama di sektor ekonomi. Dampaknya pun sangat terasa di seluruh lapisan masyarakat, dengan adanya bantuan ini berharap meringankan kebutuhan masyarakat,” harap Sukiman
Menurut Sukiman, penyerahan bantuan sosial ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Rohul kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19, Pemkab Rohul akan selalu hadir di tengah masyarakat.
“Kepada masyarakat penerima bantuan agar jangan melihat atau menilai dari besar kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Rohul, agar bisa bermanfaat apalagi di tengah wabah virus Covid-19 ini,” kata Sukiman
Selain itu, Bupati H. Sukiman tak bosannya menekankan kepada masyarakat akan pentingnya melaksanakan Protokol kesehatan pencegahan Covid-19, apalagi Kabupaten Rohul ditetapkan Tim Gugus Pusat dan Pemprov Riau sebagai Kabupaten Percontohan Penerapan New Normal Covid-19, menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.
Mantan Dandim Inhil ini mengaku sosialisasi penerepan New Normal merupakan bagian dari penyiapan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan saat pelaksanaan New Normal nantinya.
“Penerapan New Normal ini tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Alhamdulillah Rohul masuk zona Hijau dan menjadi percontohan menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Ini adalah hasil yang kita peroleh berkat kerja keras dan disiplin dari semua elemen masyarakat,” ujarnya
Bupati H. Sukiman meminta agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran wabah pendemi Covid-19, dengan cara disiplin dan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan selalu menjaga jarak.
Sementara itu, Camat Kepenuhan Hulu H. Agus Salim S.Sos saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Selasa (2/6/2020) mengatakan bantuan sembako yang diserahkan oleh Bupati Rohul ini sebayak 93 paket untuk warga Desa Kepenuhan Jaya. Permohonan Bansos ini melalui usulan secara online oleh Desa ke Dinas Sosial Provinsi melalui Dinas Sosial Kabupaten Rohul.
“Jumlah sembako untuk Desa Kepenuhan Jaya sebanyak 93 paket sembako, hanya satu desa Kepenuhan Jaya, karena desa-desa lain belum mengusulkan. Bantuan ini merupakan usulan Desa secara Online ke Dinas Sosial Provinsi melalui Dinas Sosial P3A Rohul, sementera Desa lain belum mengusulkan,” kata Agus Salim
Dengan adanya bantuan Sembako tersebut, Agus Salim berharap kepada masyarakat untuk bersyukur atas rezki yang diberikan oleh Allah, dengan adanya bantuan ini tidak timbul masalah kecemburuan sosial, siapa yang mendapatkan bantuan ini itulah rezki yang diberikan oleh Allah SWT yang harus diterima dengan keihlasan.
Dikegiatan penyerahan sembako oleh Bupati H. Sukiman, tampak juga dihadiri Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Sosial P3A Rohul Hj Sri Mulyati S.Sos M.Si, Camat Rambah Hilir Adi Irawan SSTP, Camat Kepenuhan Hulu H. Agus Salim S.Sos, Kepala Desa, para Sekcam dan Pegawai Kecamatan. (MC/Diskominfo)