Paripurna Dibatalkan, Kesabaran Septina Kembali di Uji

Tidak ada komentar 495 views
example banner

images (28)

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Lepas dari polemik persetujuan partai, kesabaran Septina Primawati Rusli kembali di uji menjadi Calon Ketua DPRD Riau priode 2014-2019 gantikan Suparman. Pasalnya, Pelaksanaan Paripurna pengumuman Septina jadi calon Ketua DPRD Riau dibatalkan DPRD Riau, karena rapat yang diselenggarakan pihak Badan Musyawarah (Bamus) Selasa (16/8) lalu tidak cukup anggota atau kuorum yang ahkirnya menunggu penjadwalan kembali oleh Bamus DPRD Riau.

Menurut Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy jusman yang juga merupakan pimpinan pimpinan rapat Bamus mengatakan, penyampaian calon ketua DPRD itu harus sesuai kesepakatan seluruh anggota Bamus. Sementara rapat yang dilaksanakan sebelumnya tidak dihadiri oleh seluruh anggota Bamus. Sehingga pengumuman nama calon yang di diberikan DPD I Partai Golkar Riau tersebut tidak bisa dilanjutkan dan menunggu penjadwalan ulang.

“Penundaan ini juga berdasarkan kesepakatan yang telah dilakukan oleh Banmus, untuk itu tunggu kembali penjadwalan berikutnya,” kata Noviwaldy.

Disisi lain, dari ketua Fraksi partai Golkar DPRD Riau Supriyati, menyayangkan sikap pimpinan DPRD Riau yang mengambil tindakan untuk mengumumkan nama calon Ketua DPRD Riau tersebut. Karena  tanpa melalui mekanisme dan prosedur yang ada. Sehingga dinilai pimpinan telah melanggar tatib.

“Sesuai agenda yang sudah ditetapkan Banmus hari ini cuma ada satu agenda yang ditetapkan dan tidak ada agenda lanjutan. Masak aturan dibuat dilanggar sendiri,” katanya.

Ia menjelsakan, pengumuman calon Ketua DPD  RIAU tersebut, namun harus dilakukan dengan mekanisme yang sudah diatur. Seharusnya tidak ada lagi pengunduran yang intinya sudah sesuai aturan, lagian untuk apa diundur karena lebih cepat lebih bagus agar kegiatan di DPRD bisa segera berjalan. “Yang pasti sesuai sesuai aturan,” ketusnya.

Sementara, Septina sendiri selaku calon Ketua DPRD Riau juga menyatakan kecewa dengan hal itu. Kendati demikian ia tetap bersabar dan mengikuti peraturan dan mekanisme yang ada.

“Kecewa sudah pasti, tapi seharusnya semua melihat pada kondisi posisi ini yang sudah terlalu lama kosong.  Sekarang ini  kita tunggu saja penjadwalan selanjutnya,” ujar Septina mengharapkan rapat kedepan dilengkapi seluruh anggota Banmus. (Dri)***