Panwaslu beri Bimtek Pengawasan DPT bagi Panwaslucam Se-Pekanbaru

PEKANBARU,Riauandalas.com– Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (14/2) di Hotel Grand Elite memberikan bimbingan teknis pengawasan daftar pemilih tetap dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 kepada sebanyak 36 pengawas pada Pemilihan Kepala Daerah di tingkat kecamatan.
“Kita menyampaikan apa saja yang harus mereka awasi dari daftar pemilih tetap (DPT) dan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ungkap Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution.
Indra mengatakan, pemateri bimbingan teknis (Bimtek) pengawasan DPT ini akan diberikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Abdul Razak Zeir dan Komisioner Panwaslu yakni, Indra Khalid Nasution, Yasrif Yakub Tambusai dan Rizki Abadi.
Ia menerangkan, tugas sebanyak 36 orang Panitia Pengawas Pemilu kecamatan (Panwaslucam) ini menkroscek data dalam DPT dan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Panwaslucam, katanya, harus mengikuti setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan oleh KPU setempat.
“Untuk itu, kita hadirkan pemateri dari KPU agar dapat menjelaskan tahapan dan proses pendataan mulai dari DP4 sampai menjadi DPT termasuk kampanye,” sebutnya.
Selanjutnya Indra Khalid menambahkan,  sebenarnya bimtek DPT sudah harus dilaksanakan beberapa bulan yang lalu karena ada  lain hal maka dapat dilaksanakan hari ini.
“Walaupun agak terlambat tapi tidak akan ada pengawasan yang longgar yang dilakukan. Tahapan demi tahapan terus kita awasi dan menuntut ilmu tidak ada namanya kata terlambat,” pungkas Indra.hn