MTQ Ke – I9 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Dijadwalkan 8 April 2019 Mendatang.

example banner

 

ROKAN HULU,Riauandalas.com – Demi mensukseskan perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019. Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kabupaten Rohul menggelar Rapat Persiapan MTQ, acara dipimpin langsung oleh Asisten II Setda Rohul Ir M. Ruslan M.Si, yang digelar Aula Rapat Lantai III Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Rabu ( 6/3/2019).

Hadir dalam rapat tersebut,Kadiskominfo Rohul Gorneng
S.Sos M.Si, Kadis Perindag Rohul Drs Sariaman M.Si, Kadisparbud Rohul Drs Yusmar M.Si, Perwakilan Kemenag Rohul Zulkifli, S.Ag M.Sy, Kabag Kesra Setda Rohul Umzakirman S.Ag serta perwakilan OPD Rohul lainnya.

Asisten II Setda Rohul Ir M. Ruslan M.Si mengatakan ” rapat persiapan ini sudah dua kali digelar, sebelumnya dilaksanakan pada Selasa (21/2/2019) lalu, pada prinsipnya seluruh peserta rapat yang terdiri dari OPD sudah setuju dan siap mensukseskan MTQ ke XIX Tingkat Kabupaten Rohul.” Jelasnya.

“Dari hasil rapat persiapan tadi, seluruhnya setuju dan mereka siap mensupport agar suskesnya pelaksanaan MTQ ini, mereka siap melaksanakanya, apalagi MTQ tingkat Kabupaten ini pesertanya dari kecamatan,” imbuhnya.

Pelaksanaan MTQ ke XIX tingkat Kabupaten Rohul dimulai dari tanggal 8 April sampai dengan 14 April 2019, yang dipusatkan di Purna MTQ Rohul lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Pasir Pengaraian.

“Untuk jadwal pendaftaran peserta pada tanggal 6-7 April 2019 di Convention Hall Islamic Center Rohul. Pelantikan Dewan Hakim pada Senin 8 April 2019, Pawai Takruf pada Senin (8/4/2019) pukul 14.00 Wib startnya didepan Kantor Desa Pematang Berangan dan finishnya di depan Astaqa Utama,” jelasnya.

“Kemudian Peserta Pawai Ta’aruf MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul masing-masing Kecamatan berjumlah minimal 200 orang serta tidak menggunakan mobil hias. Selanjutnya, Pembukaan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul dilaksanakan pada Senin (8/4/2019) sekira pukul 20.00 Wib malam,” tambah Ruslan.

Pada pelaksanaan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019 ini, terang Ruslan ada 6 Cabag yang diperlombakan diantaranya, Cabang Tilawah Qur’an, Cabang Tilawah Qira’at As-Saba’ah, Cabang Hifzil Qur’an, Cabang Khaatil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Syarhil Qur’an.

“Pada MTQ Tahun ini ada 6 cabang yang dieprlombakan, ada tingkat Dewasa, remaja, anak-anak. Tujuan dari pelaksanaan MTQ ini untuk menjaring bibit qori dan qori’ah dalam mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi, inysallah biasanya digelar disetiap akhir tahun,” kata Ruslan

 

Sementara itu, Perwakilan dari Kemenag Rohul yang juga Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Rohul Zulkifli  S.Ag M.PDi kepada wartawan mengatakan, dari rapat persiapan itu, terutama dalam bidang Musabaqoh, Kemenag Rohul sudah memberikan informasii kepada KUA se Kecamatan di Rohul serta Camat se Rohul tentang pelaksanaan dan jenis yang dilombakan pada MTQ ke XIX ini.

“Selain itu, juga telah menyiapkan dewan hakim yang akan memberikan penilaian pada MTQ tahun ini, baik Dewan Hakim Provinsi maupun Kabupaten dan juga sudah disiapkan tentang kegiatan, mau pra maupun yang berlangsung, Pra itu adalah kegatan seperti lomba pawai takruf dan juga kegiatan dalam pelaksanaan MTQ,” kata Zulkifki

Zulkifli mengaku, dalam pelaksanaan MTQ tahun ini ada penambahan cabang, penambahan cabang yang diperlombakan adalah Cabang Tilawah Qur’an, dalam Cabang Tilawah Qur’an itu ada Cabang Qira’atil Quran, dimana selama ini yang kita sebut dengan Qira’ah Saba’ah.

“Pada tahun ini ada tiga yang dilombakan Cabang Qira’atil Qur’an golongan Mujawat dewasa, Mujawat golang remaja dan Murotal Remaja, itu penambahan dari pada MTQ tahun sebelumnya,” terang Zulkifli

Ketika ditanya apakah boleh membawa peserta dari daerah lain, Zulkifli menerangkan, sesuai dengan instruksi Bupati Rohul H. Sukiman, beliau berharap peserta MTQ dari anak-anak Negeri Rohul yang diutamakan.

“Hanya saja ada beberapa cabang yang belum ada ditempat kita seperti Musabaqoh golongan tafsir bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Cabang Khattil Quran, itu kita
[20:21, 3/6/2019] Bang Alfian: “Hanya saja ada beberapa cabang yang belum ada ditempat kita seperti Musabaqoh golongan tafsir bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Cabang Khattil Quran, itu kita masih memberikan peluang kepada peserta dari luar Rohul dengan catatan tetap dalam wilayah Provinsi Riau, diluar dari Provinsi Riau kita tdak menerimanya,” kata Zulkifli. (MC/Diskominfo).