MTQ Ajang Tumbuhkan Kembangkan Toleransi Antar Umat Beragama.

M2U01723.avi_000317403
Rokan hulu, Riau Andalas.comBupati Rokan Hulu H.Suparman S.sos Msi, Mengharapkan perhelatan MTQ Tingkat Kecamatan, yang di gelar di 16 kecamatan, tidak hanya dijadikan seagai agenda ceremonial, tetapi juga dijadikan sebagai sarana  menumbuh kembangkan sikap toleransi antar umat beragama di Kabupaten Rokan Hulu,  sesuai yang diajarkan Allah SWT dalam Al-Qur”an.

pernyataan tersebut disampaikan Bupati Rohul H.Suparman.S.sos, Usai membuka MTQ ke II tingkat kecamatan Kabun jumaat (27/5) di desa boncah kesuma.

Menurutnya sesuai ajaran Al-qur”an, allah mengajarkan umat islam, untuk menjadi umat yang “rahmatalilalamin”. untuk mencapai hal itu, umat islam  harus benar-benar menjadikan alqur”aan sebagai pedoman hidupnya, sehingga mereka menjadi pribadi yang  tertib, serta menghargai kepercayaan orang lain.

” Agama islam itu adalah agama Rahamatan lilalamin, sebaik-baiknya umat islam adalah umat yang  menjadikan alqur”an sebagai pedoman hidupnya, alqur”aan mengatur pemeluknya tertib, sehingga umatnya menjadi rahamat bagi sekalian alam, sehingga adanya umat islam di suatu tempat itu, tidak menjadi musuh bagi agama lain, tetapi sebaliknya, menjadi penyejuk bagi orang lain disekitarnya. ” ungkap suparman. 

untuk mewujudkan hal itu, suparman mengakui kedepan akan melakukan beberapa kebijakan untuk memurnikan kembali nilai-nilai julukuan negeri seribu suluk yang selama ini, disandang  Kabupaten Rokan hulu.

salah satu langkah kongkret untuk mewujudkan hal itu, yakni mendorong  umat islam serta umat agama lainya, untuk dapat hidup berdampingan secara baik, damai, dan berteoleransi dengan menjalankan keyakinanan  agamanya masing-masing.

” karena negeri ini bukan negeri islam, dimana  ada saudara-saudara kita yang  agama lain, maka  kami harapkan mereka juga menjadi pemeluk agamanya yang baik bagi agamanya, sehingga kerukunan dan ketentraman kita dapat terjaga, terpilhara, serta tidak akan ada lagi kecuriagaan dengan segala kegiatan yang bersifat keamanaan”

lebih lanjut suparman menjelaskan, Kegiatan MTQ yang menjadi salah satu event keagamaan umat islam, kedepan hendaknya  juga mengundang tokoh-tokoh agama lain untuk dapat hadir dan menyaksikan langsung rangkaian acara MTQ.

” begitupn sebaliknya, jika agama lain, membuat acara kegamaan undanglah tokoh-tokoh agama lainya, sehingga tercipta rasa saling meghargai, terhadap keyakinan umat beragama di negeri yang kita cintai ini ” ucap Mantan Ketua DPRD Riau tersebut. 

“jika ini dibudayakan, maka kita harapkan akan menimbulkan kesepahaman untuk menghargai kepercayaan satu sama lain antar pemeluk agama, dan yang terpenting menghilangkan rasa curiga dari sebuah kegiatan keagamaan itu” pungkasnya (Adv/Alfian rokan)**

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "MTQ Ajang Tumbuhkan Kembangkan Toleransi Antar Umat Beragama."