Meski Bermasalah, PDI-P Upayakan IDE Tetap Berpasangan Dengan Said Usman

example banner
Pasangan IDE-Said usman

Pasangan IDE-Said usman

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekannbaru batas waktu penggatian pasangan Calon Pilkada Pekanbaru oleh PDI-P berakhir besok (Selasa 4/10. Hari ini. Red). Namun hingga kini PDI-P Pekanbaru belum membahas penggantian pasangan. Pasalnya PDI-P masih mengupayakan pasangan tetap dengan Said Usman yang masih memiliki dasar hukum dari untuk dicalonkan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC PDI-P Pekanbaru Robin Hutagalung. Dikataknya, untuk pasangan koalisi ini ia memahami tahapan aturan KPU tersebut, namun sesuai dasar hukum KPU, ia kembali mengarah pada KPU untuk bisa mempertimbangkan kembali apa yang disampaikan KPU sebelumnya karena KPU masih punya dasar hulum untuk merubah keputusan

Adapun arahan yang dimaksud itu, KPU masih punya peluang untuk merujuk kembali keputusan yang disampaikan. Itupun sesuai dasar hukum dan aturan yang ada di KPU yang memumpuni untuk merujuk keputusan dan menujuk lagi calon sebelumnya.

“Maka itu kita belum bicara masalah pengganti, kita dibicarakan dengan baik sesuai dasar udang-undang apa yang diajukan oleh partai koalisi kita,” kata Robin Senin (3/10).

Dijelaskanya, keputusan yang disampaikan KPU sebelumnya, masih merupakan tafsiran, sedangkan dari partai juga ada tafsiran, maka itu diminta lagi pada KPU untuk merujuk keputusan sesuai yang dibicarakan saat ini dan sesuai dasar hukum yang ada di KPU.

“Kita memahami aturan KPU itu, sementara kita juga memiliki dasar untuk itu, maka itu kita tunggu saja keputusanya,” ujar Robin.

Jika keputusan KPU itu tetap dan dibuktikan sesuai undang-undang tentang persyaratan calon, ia baru akan membicarakan langkah kedepanya. Intinya untuk saat ini masih dalam pembicaraan dan argumenatsi lebih kuat.

“Jadi kita tunggu saja keputusan akhirnya, dan kita akan bantu KPU untuk dasar hukum itu. Maka itu calon pengganti belum kita bicarakan,” tuturnya. (Dri)