Meningkat Vaksin Tahap II Riau Tembus Angka 2000 Orang

94 views

PEKANBARU, Riauandalas.com – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) secara massal, Senin (1/3) di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru, melebih target yang di perkirakan sebelumnya. Yaitu dari sasaran 1500 orang meningkat menjadi 2000 orang.

Pelaksanaan vaksinasi juga dihadiri Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar bersama Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Effendi, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, Kadiskominfotik Riau Chairul Riski, Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedy, Direktur RSUD Petala Bumi Sumiati, tersebut, meningkat setelah adanya penambahan dari kelompok masyarakat, pejabat publik, tokoh masyarakat lainya yang sebelumnya hanya direncanakan pada tingkat Intansi Pemerintah, Forkopinda dan Organisasi Wartawan.

Gubri, Syamsuar, disela-sela kunjungan tersebut, mengatakan selain mengapresiasi program vaksinasi tahap II yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Riau ini, juga mengaku sangat terkesan atas partisipasi masyarakat dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Riau. Dimana meski saat ini vaksinasi masih di upayakan untuk tingkat pelayanan publik merupakan bukti jika masyarakat Riau sangat mendukung pelaksanaan vaksin untuk menganrisipasi penularan Covid-19.

“Sehingga kita berharap dengan tingginya antusias masyarakat menggunakan vaksin ini. Pandemi Covid-19 Riau bisa segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali normal seperti sebelumnya,” kata Gubri.

Gubri Syamsuar, juga bersyukur atas pelaksanaan vaksin tahap II ini berjalan lancar dan normal. Dimana selama pelaksanaan vaksin juga tidak ada laporan kendala pada penerima dan semunya dalam keadaa normal setelah dilaksanaoan vaksinasi.

“Alhamdulillah, kita juga bersyukur kegiatan berjalan lancar dan aman. Diharapkan bupati/wali kota se Riau untuk segera melakukan hal yang sama sesuai target sebelumnya dan sesuai dengan vaksin yang diterima dari pusat,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, jika pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini sama drngam sistim pertama yang akan dilaksanakan sebamyak dua kali yang untuk vaksin keduanya kembali dilakukan setelah empat belas hari berikutnya.

Pelaksanaannya akan dilakukan di rumah sakit sesuai pendaftaran dan pelaksanaan saat ini. Seperti yang saat ini dilaksanakan oleh RSUD Rutin Achmad, yang keduanya juga dilakukan di RSUD Arifin Achmad besoknya. Begitu juga dengan yang lainya.

“Untuk pelaksanaannya akan dilakukan tanggal 15 Maret mendatang yang sebelumnya telah di informasikan kepada penerima melalui kartu peserta,” jelasnya.

Lebih jauh kata Mimi, vaksinasi tahap II ini sebelumnya pemprov Riau menargetkan sebanyak 925.362 orang yang terdiri dari berbagai golongan dan lapisan masyarakat. Terutama pada pelayanan publik yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya.

Selain itu jelas Mimi, pengiriman vaksin tahap II untuk Riau sendiri sudah ditargetkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dimana jumlahnya dikirim secara bertahap seperti saat ini yang jumlahnya baru sebanyak 11.490 dosis.

“Pelaksanaan vaksinasi tahap II ini, akan dilakukan penyuntikan gelombang, yang pertama pertama sampai dengan April 2021. Sedangkan untuk gelombang keduanya, akan dilaksanakan April 2021 sampai dengan Maret 2022. Itu untuk masyarakat rentan dan penduduk lainnya,” tuturnya.(dre)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.