Masyarakat Desa Penyaguhan di duga telah tertipu untuk dapat kan PLN.

RENGAT, Riau Andalas. com – Masyarakat di Kecamatan Batang Gansal memang sudah lama mengidam idamkan agar mendapat kan Aliran Listrik dari PLN termasuk Masyarakat yang tinggal di Desa Penyaguhan sehingga tanpa berpikir panjang ,apa pun yang disampai kan oleh para anggota Biro pemasangan Listrik langsung disetujui oleh Masyarakat .

Seperti CV MADA dengan Direktur nya Sitompul dan Raja Firmansyah ( Tatan) yang awal nya untuk  pemasangan Instalasi dan Jaringan bagi Masyarakat yang akan menjadi Pelanggan PLN yang akhir nya bergabung dengan salah satu Biro di Kabupaten Indragiri Hulu yaitu CV MASRO yang berkedudukan di Kecamatan Batang Cinaku yang menjadi Direktur nya Sitanggang .

Akhir nya CV MADA dan CV MASRO bergabung menjadi satu untuk melaksanakan pekerjaan Pemasangan Instalasi Jaringan dan juga Tiang Tiang Listrik yang masih kurang .
Demikian disampaikan oleh Sekretaris LSM – P3I (Pengawasan Penyelenggaraan Pangan Indonesia ) Kabupaten Indragiri Hulu ARBA’IN kepada Wartawan riauandalas.com di Belilas .

Dia mengatakan yang seharus nya Masyarakat di Pedesaan itu bisa dibantu agar mendapat kan aliran Listrik dari PLN ,bukan justru sebalik nya seperti melakukan penipuan kepada Masyarakat ,seperti akan memasukkan Aliran listrik para anggota Biro PLN yaitu CV MASRO juga CV MADA melakukan kutipan Dana kepada Masyarakat dengan rincian ; Rp 4.000.000,- untuk pemasangan kWh dan pemasangan Instlasi dengan beban yang 1.300 ,sementara Rp 700.000,- untuk pembiayaan Tiang Listrik dan yang Rp 1.000.000,- untuk pembelian kabel jaringan ,jadi total keseluruhan nya adalah sebesar Rp 5.700.000,- .

Dan yang mengheran kan adalah para pelanggan yang sudah mendapat kan aliran Listrik PLN ,banyak yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku ,seperti nama pelanggan tidak sama dengan nama yang ada di kWh ,dia juga mengatakan setelah semua terpasang dan aliran Listrik pun menyala ke rumah rumah para pelanggan ,dan pihak Rayon PLN Rengat melakukan pemeriksaan dari hasil temuan itu ,mungkin ada pelanggaran yang dilakukan oleh Biro pemasangan yang akhir semua aliran diputus tepat nya pada Bulan Puasa kemaren  oleh Manager Rayon Rengat Yulhendri .

Mungkin pihak Biro sudah melakukan perbaikan perbaikan yang akhir nya pihak Rayon PLN Rengat menghidup kan kembali tepat nya tiga hari sebelum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 H ujar nya .

Untuk itu kami akan tetap masih memantau tentang Aliran Listrik PLN di Desa Penyaguhan ,karena kami juga melihat ada nya Tiang Listrik PLN yang terbuat dari Batang Pinang .
PT Konswil Perdana Indonesia untuk wilayah Riau sebagai pelaksana memasang Kabel bekas ,dan Tiang Kayu juga dari Pohon Pinang ,Kabel kabel yang dipasang itu seperti Kabel bekas dari PLTD PLTD yang sudah tak dipakai lagi .

Setelah berita ini diturun kan kami akan tetap mengawasi sampai akhir nya Masyarakat tidak merasa tertipu oleh para Biro Biro yang akan menyelesaikan masuk nya Aliran Listrik PLN ke Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu tutup dia .**  js .