Masa Repdem, Minta buat Perda Pendidikan Gratis di Riau

Tidak ada komentar 593 views
example banner
Masa Repdem demo didepan kantor walikota pekanbaru

Masa Repdem demo didepan kantor walikota pekanbaru

Pekanbaru, Riau Andalas.com-Di hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Puluhan Relewan Perjungan Demokrasi (Repdem Riau) Mengelar Aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Pekanbaru Senin (2/4).

Dalam orasinya,Korlip Repdem” Meminta kepada Walikota Pekanbaru, H. Firdaus MT, untuk membuat Peraturan daerah (Perda) Pendidikan gratis Khusus di kota Pekanbaru, Riau.

“Dari fakta di Riau,ada 283 anak putus sekolah, dan tingginya angka putus sekolah, membuat penilaan angka partisipasi Kasar (APK,) angka partisipasi murni(APM) Pendidikan Riau oleh Menteri Pendidikan  dan Kebudayan(Mendikbud) menjadikan turun.dan posisi Riau saat ini berada di nomor 26 dari 34 Provinsi di Indonesia.

Lanjut Korlap, “Sementara ini untuk ruang kelas di Riau, dari 56.392 ruang kelas, sebanyak 12.448 mengalami kerusakan, sedangkan 4.609 diantaranya kondisinya rusak parah,dan 8.839 rusak ringan.

“sedangkan untuk anggaran pendidikan Riau, jauh dari anggaran yang telah ditetapkan oleh kontitusi yaitu sebesar 20%,  pada APBD  murni tahun 2015 lalu anggaran pendidikan juga tidak sampai separoh, yakni hanya mencapai  8% .sementara  APBD murni 2015 berjumlah  Rp 10,7 triliun .berarti sudah sangat jelas bahwa pemerintah Provinsi Riau telah mengangkangi kontutisi, “tegasnya”.

Tidak direspon orasinya oleh Walikota Pekanbaru, masa membubarkan diri dari kantor Walikota, dan melanjutkan Orasinya didepan kantor Gubernur Riau.(dri)***