LPTQ Rohul Siap Laksanakan MTQ ke 16

Tidak ada komentar 534 views
example banner
MTQ ROHUL 2
 
ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Asisten II Setda Rohul H Syaiful Bahri S Sos Msi dan KepalaKantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kab Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, pimpin rapat persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 16 Tingkat Kab Rohul, Selasa (23/8/2016) bertemat di aula lantai III kantor Bupati Rohul, kota Pasir Pengaraian.
 
Rapat persiapan MTQ ke 16 tersebut diikuti oleh Asisten II H Syaiful Bahri Ssos Msi mewakili Plt Bupati Rohul H Sukiman, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Kapolres Rohul, Kepala Badan/Dinas/Kantor di lingkungan Pemkab Rohul, Camat se Rohul, Kepala KUA Kecamatan se Rohul, dan seluruh panitia.
 
Asisten II H Syaiful Bahri Ssos Msi menyatakan bahwa Rapat tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa MTQ ke 16 Tingkat Kab Rohul akan dilaksanakan selama lima hari, pada tanggal 1 s/d 5 September 2016, bertempat di kota Pasir Pengaraian, dengan mengambil lokasi Purna MTQ Riau sebagai astaka utama, Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian, Gedung Daerah, dan kampus MTsN Pasir Pengaraian.
 
Kakan Kemenag Rohul menyatakan bahwa mata lomba yang dipertandingkan pada MTQ ini sebanyak 5 Cabang, yakni : Pertama, Cabang Tilawah yang meliputi Tartil Quran Pa Pi, Tilawah anak-anak Pa Pi, Tilawah Remaja Pa Pi, Tilawah Dewasa Pa Pi, dan Qiroah Sab’ah Pa Pi.
 
Kedua, Cabang Tahfizh Alquran, yang meliputi Tahfizh Alquran I Juz dan Tilawah Pa Pi, Tahfizh Alquran 5 Juz dan Tilawah Pa Pi, Tahfizh Alquran 10 Juz Pa Pi, Tahfizh Alquran 20 Juz Pa Pi, Tahfizh Alquran 30 Juz Pa Pi.
 
Ketiga, Cabang  Kaligrafi, yang meliputi Golongan Naskah Pa Pi, Hiasan Mushaf Pa Pi, Dekorasi Pa Pi, dan Kontemporer Pa Pi. Keempat adalah Fahmil Quran dengan sistem regu, dimana masing-masing regu 3 orang. Kelima, Syarhil Quran dengan sistem regu, dimana masing-masing regu 3 orang.
 
Ahmad Supardi Hasibuan yang juga Ketua Harian LPTQ Rohul ini lebih lanjut menyatakan, bahwa ada dua cabang yang tidak dipertandingkan, yakni Musabaqah Menulis Isi Kandungan Alquran (M2IQ) Pa Pi, dan Tafsir Alquran, yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris, semuanya Pa Pi.
 
Ahmad Supardi Hasibuan yang juga Ketua LPTQ Rohul, lebih lanjut menyatakan, bahwa pihaknya optimis untuk dapat mempertahankan gelar sebagai juara umum, pada MTQ Tingkat Prov Riau, yang akan digelar pada bulan Oktober 2016 di kota Pekanbaru. Untuk itu, perlu kerjasama dan sinergi semua pihak. **( Alfian)