Lapor….!!! Pak Presiden… Puluhan KK warga Warga Rohul Masih Gelap Gulita Tanpa Listrik‎ PLN

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Warga Dusun Jalan Lidang Tambusai Timur , Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau  sebanyak 100 KK (kepala keluarga), hingga kini belum menikmati listrik . Karena belum mendapatkan aliran listrik PLN, sehingga untuk sementara mereka hanya menggunakan Lampu Minyak

“Warga 100 KK ini belum menikmati listrik, jadi untuk penerangan rumahnya hanya memakai lampu cempor.lampu Togok atau lampu sentir , untuk sementara ” kata Tokoh Masyarakat Desa setempat Tamrin Nasution yang didampingi Puluhan Warga desa tersebut ,kepada wartawan  Kamis. (09/02/17)

Ia menyebutkan, warga 100 KK yang belum menikmati listrik tersebut, tersebar di beberapa  RT (Rukun Tetangga) dan 6 RW (Rukun Warga) di beberapa dusun, yakni Desa Suka Maju,  dan Desa TambusaiTimur. Meskipun demikian, mereka sedang berjuang untuk mendapatkan pemasangan listrik melalui program Lisdes (Listrik Desa). Program yang dilaksanakan Dinas Pertambangan dan Energi

Saat ini kami sedang menyiapkan “Proposalnya dan  segera akan kami ajukan ke Distamben. Agar, pemasangan listriknya bisa segera dilakukan tahun ini. Kami sangat berharap, Lisdes untuk warga 100 KK ini bisa terwujud,” kata nya.

Pentingnya pemasangan listrik untuk warganya itu, kata dia, sehubungan mereka hampir 60 persen keluarga miskin (gakin). Mereka belum menikmati listrik PLN, karena tidak punya biaya untuk memasang listrik. Dan membeli tiang Oleh karena itu, program Lisdes sangat cocok untuk membantu mereka agar bisa menikmati aliran listrik di rumahnya dan Dia Meminta agar presiden Jokowi memperhatikan Keluhan Masyarakat Yang belum bisa menikmati Program Lisdes tersebut ” Tegasnya”

Lebih lanjut Tamrin menjelaskan, pengajuan pemasangan Lisdes bagi warga 100 KK itu, agar Warga bisa mendapatkan pemasangan Lisdes . Bahkan dirinya berharap pemasangan listrik untuk 100 KK itu mendapat prioritas, dikarenakan sebagian  warga kurang mampu.

“Supaya semua RT  mendapatkan Lisdes. Nah, setelah listrik untuk warga 100 KK terpasang Nantinya  saya akan ajukan lagi untuk warga sisanya yang belum kebagian,” tutur tamrin”

Di tempat terpisah mantan kadistamben Rohul     Drs Yusmar M.si ketika di konfirmasi Via Selulernya Mengatakan Kewenangan Daerah dalam bidang pertambangan dan energi   kelistrikan sudah diserahkan keprovinsi Riau kecuali listrik perkotaan. Jadi untuk pemasangan lisdes yang saat ini masih ada 27 desa lagi di Rohul yang belum dialiri listrik PLN menjadi pekerjaan rumah (PR) propinsi dan pusat jelas Yusmar kepada wartawan kamis (09/02/17)       ** ( Alfian)
Sumber :  pikiran-rakyat.co