Kuota Pupuk Bersubsidi untuk Kab Inhu sampai hari ini belum diketahui .

Sesuai dengan hasil sosialisasi di Lapangan .Kecamatan Batang Cinaku dan Batang Gansal Kab Inhu .
RENGAT, Riau Andalas. com – Pupuk Bersubsidi yang sangat diharap harap kan oleh Masyarakat Petani seperti nya tetap menjadi kendala ,sebab Kuota Pupuk Bersubsidi sampai saat ini belum diketahui berapa Kuota untuk Kabupaten Indragiri Hulu ,demikian Kabid Pertanian mengatakan beberapa waktu lalu yang membidangi Pupuk Bersubsidi R Atan di Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu di Pematang Reba .
Tapi yang jadi pertanyaan adalah mengenai Pendistribusian Pupuk Bersubsidi tetap berjalan ,sementara Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu belum mengetahui yang pasti tentang berapa sebenar nya Kuota Pupuk Bersubsidi untuk Kabupaten Indragiri Hulu ,sementara Pihak Distributor dan Pengecer sudah mendistribusikan nya kepada Petani dengan harga yang bervariasi ,seperti Pupuk jenis Urea ada yang menjual dengan harga Rp 130.000,- untuk per Karung nya dan Phoska ada yang menjual Rp 165.000,- untuk per Karung nya .
Sementara sesuai dengan Permentan ,harga Pupuk Bersubsidi sudah diatur dalam Permentan no 59 Tahun 2016 .
Dan Harga Pupuk Bersubsidi untuk 2016/2017:tidak ada perubahan yaitu ;
1. Urea 1800 kemasan 50 kg: Rp 90.000
2 .SP36 2000 kemasan 50 kg: Rp 100.000
3 .ZA 1400 kemasan 50 kg: Rp 70.000
4 .NPK 2300 kemasan 50 kg: Rp 115.000
5 .Organik 500 kemasan 40. kg Rp 20.000
Dalam pengalokasian nya di dalam Surat Permentan Nomor 59/Tahun 2016 juga mengatur alokasi pupuk bersubsidi sebagaimana disebutkan pasal 3, bahwa pupuk subsidi tidak diperuntukkan bagi Perusahaan tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan atau Perusahaan Perikanan Budidaya.
Penyalur atau pengecer atau kios yang ditunjuk Kementan diwajibkan menjual pupuk bersubsidi kepada petani, petambak dan atau kelompok tani sesuai HET yang sudah ditetapkan Kementan.
Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Inhu sebagai pengawas Pupuk Bersubsidi ,bagaimana bisa Para Pengecer Pupuk Bersubsidi dapat mendistribusikan Pupuk Bersubsidi Jenis Urea ,SP 36 dan Phoska kepada para Petani Sawit atau Petani Plasma ,sementara Dinas sebagai Penanggung jawab dan sebagai Pengawas belum mengetahui kebutuhan Pupuk Bersubsidi untuk Kabupaten Indragiri Hulu ! ,apakah Pengecer dan Distributor hanya berdasar kan RDKK ( Rencana Depenitif Kebutuhan Kelompok) ?.
Sementara  PT Petrokimia Gresik sebagai pemasok Pupuk Bersubsidi untuk RIAU dan KEPRI yaitu jenis Phoska ,SP 36 ,ZA dan Organik .
Untuk Kuota Pupuk Bersubsidi untuk RIAU KEPRI adalah ; ZA. 9.800 Ton. SP 36. 12.800 Ton. NPK Phonska. 43.300 Ton. Urea 30.990 Ton dan organik 8.000 Ton .namun Kuota untuk Kabupaten Indragiri Hulu belum diketahui .
Sementara Pupuk Bersubsidi terus dikeluarkan dari gudang Petrokimia Gresik Desa Bongkal Malang Airmolek .
Jadi untuk mengantisipasi Harga Pupuk Bersubsidi oleh Pengecer ke Petani apa Sanksi dari Pengawas Pupuk Bersunsidi juga dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu !
Dan bagaimana agar Pupuk Bersubsidi tepat sasaran ,karena cenderung Pupuk yang Bersubsidi banyak dijual oleh Pengecer kepada Petani Sawit Plasma dengan harga yang mahal.
Oleh ;Wartawan riauandalas.com. Kab Inhu
**  js .