Kunjungi Riau, Staf Khusus Menkes RI Yakin dan Optimis Riau Kebih Cepat Tangani Covit 19

example banner

PEKANBARU,Riauandalas.com- Selaraskan penanganan Covid 19, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan, mengutus staf khusus (Stasus) ke Provinsi Riau. Hal tersebut juga menimbang kasus Covid 19 di Riau yang terus mengalami peningkatan di Riau.

Informasi tersebut disampaikan, Gubernur Riau H Syamsuar, usai melaksanakan pertemuan dengan staf khusus Meskes RI, Selasa (6/10) di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru. Dikatakannya jika penyelarasan dimaksud terkait percepatan penanganan Covid 19 yang harus bisa diupayakan lebih cepat dan makasimal.

“Dari pertemuan tadi kita sudah banyak melakukan pembahasan terkait tindak lanjut kedepannya. Diantaranya terkait pelayanan rumah sakit, pencegahan dilapangan dan beberapa hal lainya yang juga akan di bantu Pemerintah pusat,” kata Syamsuar.

Dalam pertemuan terebut tambah Gubernur Riau, pembahasan juga menghadirkan berbagai pihak terkait penanganan Covid 19 di Riau, seperti Danrem 031/WB, Polda Riau, kajksaan tinggi, Diskes Riau dan pihak terkait lainya. Dimana untuk penanganan Covid 19 di Riau yang saat ini masih meningkat akan dibantu oleh pemerintah pusat sebagaimana mestinya, sehingga kedepan penurunan penularan bisa di cegah atau diantipasi dengan maksimal.

“Alhamdulillah, kita juga bersyukur Menkes RI mengutus staf khus ini, semoga kedepan bisa membantu Riau untuk mempercepat penanganan Covid 19 di Riau. Ujarnya.

Sementara Staf khusus Mekes RI, dr Maria mengatakan, jika untuk penanganan Covid 19 di Riau rata-rata sudah selaras dan tinggal meningkatkan. Seperti dalam pencegahan maupun pelayanan artinya saat ini tinggal meningkatkan dan penegasan. Seperti pada tingkat kedisiplinan masyarakat yang harus bisa terus di upayakan lebih maksimal. Karena kedisiplinan masyarakat itu termasuk bagian yang sedikit sulit dan tidak hanya di Riau tapi di Indonesia.

“Untuk penanganan Covid 19 di Riau ternyata sudah banyak yang selaras. Baik ditingkat pencegahan, pelayanan maupun pemutusan mata rantai Covid 19 juga sinergitas atar pihak terkait, termasuk dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

Dari hasil pertemuan dengan Gubernur Riau serta seluruh pihak terkait ini, katanya ia sudah bisa menyimpulkan jika apa yang telah dikerjakan atau di perjuangan oleh Pemprov Riau bersama jajaran dan termasuk partisipasi masyarakat Riau termasuk sangat baik. Hal itu terbukti dari tidak adanya peningkatan setelah lebaran Idul Fitri sebelumnya yang menjadi acuan peningkatan Covid 19.

“Memang beberapa minggu terakhir ini jumlah pasien positif meningkat di Riau, termasuk angka kematian. Namun jika dibandingkan dengan tingkat kesembuhan dan data pelayanan di rumah sakit maupun lainya Riau termasuk bagus. Untuk itu kami berharap ini terus di tingkatkan agar masalah Covid 19 di Riau segera tertangani dan berakhir di Riau,” tuturnya.

Terakhir dia juga mengharapkan, untuk kedepan sesuai arahan dari pusat, Pemprov Riau juga harus terus melakukan strategi baru untuk penanganan Covid 19 ini. Dimana strategi itu tidak hanya penanganan saat ada terjadi atau ditemukan kasus, tapi juga pada penekanan sebelum adanya kasus.

“Yang pasti untuk Riau, nantinya akan sampaikan bahwa antara Riau dan pusat sudah selaras dalam penanganan dilapangan. Kita yakin Riau bisa lebih cepat menangani Covid 19 ini,” tutupnya. (Dre)