Koalisi Masyarakat Sipil Pantau Pemilihan Penghulu Serentak

example banner

IMG_20160717_123440
Bagan Siapi Api, Riau Andalas.com– Beberapa elemen masyarakat Rokan Hilir yang terdiri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hilir, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Kabupaten Rokan Hilir, Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir dan Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hilir melihat secara langsung beberapa TPS Pemilihan Penghulu (Pilpeng) tepatnya di Kecamatan Bangko Pusako pada hari Minggu, 17 Juli 2016.

“Hasil pengamatan yang kami saksikan bahwa pelaksanaan Pilpeng berjalan dengan tertib dan lancar, antusias masyarakat dibeberapa TPS terlihat dengan berkumpul memberikan suaranya” ujar juru bicara Koalisi Masyarakat Sipil Jaka Abdillah yang juga Ketua PWI Rohil dan didampingi Ahmad Saefi (DMI), Mustakim (Kahmi) dan Ahmad Sholeh (Muhammadiyah).
Koalisi Masyarakat Sipil Rokan Hilir ini menurut Jaka, dibentuk secara dadakan untuk mengambil peran tanggung jawab moral sebagai bagian dari masyarakat Rokan Hilir dalam mensukseskan Pilpeng Serentak 2016.

IMG_20160717_123454

Menurut mantan Ketua Panwas Rokan Hilir ini, pelaksanaan Pilpeng meski berjalan tertib dan lancar perlu dilakukan evaluasi pasca Pilpeng Serentak tersebut, agar menjadi pedoman baku pada saat Pilpeng Serentak 2017.

“Meskipun dalam Pilpeng Serentak ini tidak melibatkan elemen Penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu, pihaknya tidak bisa menjamin bahwa hasilnya tidak ada yang menggugat ke PTUN, mengingat bahwa hasil Pilpeng Serentak tidak diharamkan untuk digugat jika memenuhi unsur-unsur pelanggaran”.

Selain itu, lanjut Jaka, “bahwa masyarakat Rokan Hilir secara umum sudah cerdas dalam menentukan pilihannya siapa yang pantas menjadi Datuk Penghulu (Kepala Desa) dan menghindari memilih calon-calon yang hanya berambisi untuk mengelola ADD,” tandasnya.***(said)