KI Provinsi Riau Kunjungi Dinas Kominfo Inhu

Tidak ada komentar 391 views

PEMATANG REBA, Riau Andalas.com  – Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau melakukan Kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) rabu (4/10/2017).

Kehadiran KI di Inhu ini diterima langsung oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Inhu Jawalter Situmorang MPd di Ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Inhu.

Rombongan KI Riau ini dipimpin oleh Wakil Ketua Tatang Yuliansyah dan didampingi Komisioner Alnov Rizal, Kasubag Umum Diva dan Panitera Pengganti, sedangkan Jawalter didampingi oleh Kabid E-Goverment Roma Doris M.Eng beserta staf.

Jika dilihat dari seluruh unsur, sejauh ini PPID Kabupaten Inhu masih terbaik di Provinsi Riau, karena Kabupaten Inhu masih peduli dengan pelayanan Publik, tegas Tatang.

Banyak hal yang bisa menjadi dasar penilaian untuk pelaksanaan PPID di Kabupaten/Kota di Bumi Lancang Kuning ini, smbungnya.

Setelah melihat semuanya Inhu masih tetap terbaik, baik dalam segi sarana prasarana, management maupun dalam hal lainnya.

Namun penentuan siapa yng terbaik tentunya akan dibahas nantinya pada tingkat KI Riau, jelasnya.

Ditambahkannya, dalam penilaian peningkatan Informasi Pelayanan Publik ini sejauh ini respon cepat memang dari Kabupaten Inhu, untuk daerah lain KI harus terus jemput bola, sementara di Inhu langsung merespon segala permasalahan.

Harus diaakui, selama ini untuk penilaian peningkatan PPID ini Inhu selalu berada pada tingkat pertama dan masih menjadi rujukan baagi daerah lainya di Riau yang masih punya semangat untuk terus melkukan peningkatan dalam pelayanan Informasi, paparnya.

Dirinya sangat menyayangkan behwa beberapa daerah di Riau, untuk permasalahan Keterbukaan Informasi ini masih menempatkan Kominfo berada pada posisi Eselon lll.

Di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masih Eselon lV sementara di Inhu sudah Eselon ll, sesalnya.

Dijelasknnya juga, hasil penilaian pemeringkatan (peringkat) PPID atau Informasi Pelayanan Publik ini akan di umumkan pada bulan November 2017 mendatang di Pekan Baru.

Disana akan diketahui daerah mana yng berhasil menjadi yang terbaik di Riau tahun 2017 ini, pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Inhu Jawalter Situmorang mengungkapkan bahwa sejauh ini untuk permintaan informasi publik terus dilayani semaksimal mungkin dan pemohon informasi akan mendapatkan Informasi yang diinginkan.

Selama tahun 2017 hingga bulan September ada 95 Pemohon, dan sejauh ini tidak ada menjadi objek sengketa untuk di sidangkan di KI Riau, terangnya.

Saat ini fihaknya sedang berupaya membaangun PPID pada tingkat Desa, hal ini bertujuan agar desa juga berani untuk memberikan informasi kepada publik atas pengelolaan dana desa atau lainnya, sehingga masyarakat sudah langsung mengetahui untuk bisa mengurangi konflik.

Semua Sistim bisa berjalan karena memang dukungan ini langsung diberikan oleh pimpinan tertinggi di Inhu, Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE, ujarnya.

Dirinya berharap, kedepannya fihak KI Riau bisa lebih meningkatkan pembinaan kepada Inhu, terutama terkait PPID Desa, meski selaama ini Inhu selalu menjadi yang terbaik akan tetapi program ke Inhu masih minim, semoga kedepannya akan bisa menjadi rujukan, tutupnya. **    js .

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KI Provinsi Riau Kunjungi Dinas Kominfo Inhu"