Keramahan Kunci Kembangkan Pariwisata

Tidak ada komentar 530 views
example banner

Pariwisata Stimulan Penggerak Ekonomi
Plt Gubri diwakili Kadis Pariwisata Prov Riau hadir sekaligus membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencaan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif se Prov Riau di H Premiere..
Riauandalas.com– Sektor pariwisata terus digali dan digerakkan untuk menjadi stimulan penggerak ekonomi. Langkah ini memiliki output positif untuk mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Komitmen itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau Fahmizal. Menurutnya, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini menjadi sektor unggulan di Riau.
”Tahun lalu kita kehilangan Rp4 triliun DBH karena penurunan harga minyak dunia, ini akan terus berkurang. Kondisi ini berimbas pada perlambatan ekonomi secara global. Makanya perlu ada solusi, seperti dengan menggali sektor pariwisata,” katanya.
Fahmizal menambahkan, dalam memaksimalkan peran tersebut, diperlukan sinergitas seluruh stakeholder terkait. Seperti halnya Instansi yang menangani infrastruktur, pengusaha jasa rekreasi, hiburan dan olahraga serta Asosiasi penyedia jasa pariwisata.
”Yang penting itu kita sadar wisata dulu. Jadi penyedia jasa tempat rekreasi, hiburan dan olahraga harus memberikan pelayanan maksimal. Salah satu yang penting itu keramah tamahan kepada wisatawan yang berkunjung ke Riau,” terang Mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Riau itu.
Lebih jauh Fahmizal menerangkan, potensi Riau terus mendapatkan perhatian. Ini terlihat dengan adanya investor nasional yang akan mengembangkan objek wisata di kawasan Sungai Siak.
”Makanya itu pembinaan tersebut bertujuan memberikan keterampilan dan motivasi serta meningkatkan skill dalam rangka menyambut persaingan MEA. Sehingga dapat mendukung dalam peningkatan ekonomi kerakyatan,” urainya lagi.
Dalam program tersebut juga menghadirkan beberapa pihak yang telah sukses dalam pengembangan pariwisata nasional. Seperti Hariyadi Darmawan dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Dan Rastiyono selaku Kabid Destinasi Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng