Kemensos Memberikan Bantuan bagi Korban Gempa

Tidak ada komentar 341 views

BOGOR,Riauandalas.com– Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan bagi korban gempa.Bantuan dilakukan hanya secara simbolis oleh Menteri Sosial Idrus Marham di Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu siang.

Bantuan logistik berupa sembako disalurkan kepada warga yang terdampak gempa di 14 kecamatan Kabupaten Bogor. Idrus meminta kepada jajarannya termasuk kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk menyalurkan bantuan tepat sasaran dan merata.

Bantuan ini harus dibagikan merata. Tidak boleh ada yang tidak kebagian. Jangan sampai ada yang tidak kebagian makan,” pinta Idrus, Sabtu (27/1/2018).

Tak hanya itu, Idrus menyebutkan, Kemensos juga menyalurkan bantuan bagi ahli waris korban dan mobil tangki air. Total dana yang dikucurkan untuk korban gempa sebesar Rp 2,2 miliar tersebar di wilayah Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

“Untuk wilayah Jabar total bantuannya senilai Rp 2,2 miliar,” kata Idrus.

Untuk tahap berikutnya, Kemensos juga akan membantu rehabilitasi rumah yang mengalami rusak berat akibat guncangan gempa Banten.

“Bantuan tersebut dalam bentuk bahan bangunan maksimal Rp 25 juta per unit,” kata Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kemsos Hari Hikmat.

Ia mengatakan, bantuan rehabilitasi tersebut diperuntukkan bagi korban yang rumahnya mengalami rusak berat. Bedasarkan data Kemensos ada 602 unit rumah di Provinsi Jabar dan Banten yang rusak berat.

“Untuk saat ini kami fokus dulu menyalurkan bantuan logistik berupa sembako dan lainnya,” kata dia.

Sumber Liputan6