Kembangkan Desa, PMDK Labuhanbatu Gandeng OPD

Tidak ada komentar 216 views

Teks Foto : rapat yang digelar Dinas PMDK Labuhanbatu

LABUHANBATU, Riauandalas.com-Untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan desa,  Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa dan Kelurahan (PMDK) Kabupaten Labuhanbatu menggandeng unsur Operasi Perangkat Desa (OPD) Pemkab Labuhanbatu, Camat, BPJS dan Seluruh Desa se Kabupaten Labuhanbatu, menggelar rapat kordinasi,  senin (21/1/2020) di Ruang Data Pemkab Labuhanbatu. 

Adapun rapat yang direncanakan berlangsung selama 2 hari tersebut beragendakan,  , antara lain,

pertama, Singkronisasi RPJM Nasional, RPJM Daerah dan RPJM Desa.  Kedua, Bentuk dan Konsep Pengawasan, Perencanaan, dan Pembangunan Desa.

Ketiga,  Pemetaan Kewenangan Pembangunan di Kabupaten dan Pembangunan Desa. Keempat, Konsep Pemetaan Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang Tertuang di Dalam APBDes Tahun 2020.

Kelima, Konsep Pendampingan Wajib Pajak Desa dan Pajak Badan Usaha Milik Desa. Dan keenam, Program dan Manfaat BPJS dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perangkat Desa.


Sedangkan agenda rapat di hari kedua,  antara lain, pertama,  Penguatan Pasar dalam Pengolahan Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) menuju Pasar Domestik dan Internasianal.

Kedua, Komitmen OPD terkat dalam Swasembada Beras di Kabupaten Labuhanbatu.

Ketiga, Komitmen dinas Perikanan/Kelautan dalam Swasembada Ikan di Kabupaten Labuhanbatu.

Keempat, Komitmen Dinas Kehutanan dalam Swasembada Daging di Kabupaten Labuhanbatu.

Kelima, Komitmen Dinas Kehutanan dalam Mendorong Hutan Desa dan Pengelolaan Hutan Desa Menjadi Sumber Pendapatan Asli Desa.

Keenam, Komitmen Dinas Kesehatan dalam Pencegahan Stanting di Desa.

Selanjutnya, Komitmen Dinas Pendidikan dalam Peningkatan SDM Guru PAUD dan SDM Masyarakat Desa, Peran Dinas Perpustakaan dalam Meningkatan Minat Baca Masyarakat Desa melalui Digitalisasi.

Selanjutnya, Pemetaan Wilayah Rawan Bencana di Desa dan Alternatif Antisipasinya, Pemetaan dan Pengembangan Legalitas Aset Desa sebagai Sumber Pendapatan Asli Desa.

Penguatan Pemerintah Daerah dalam Mendorong Desa Wisata. Dan, Penguatan SDM dan Pemberdayaan Guru Ngaji, Sekolah Minggu dan Bilal Mayit.

Sedangkan Materi Khususnya, antara lain, Konsep Prioritas Dana Desa Tahun 2020 Menuju Desa Surga. Dan Konsep Bumdes Bersama Menuju Pasar Domestik dan Internasional.

Dalam sambutannya, PLT Kepala PMDK Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan menyampaikan rapat tersebut merupakan agenda besar untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.

“ini agenda besar yang kita susun untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat labuhanbatu, “katanya.

Abdi berharap, semua pihak yang terlibat agar memberikan dukungan penuh.  Apalagi,  sambungnya, kegiatan tersebut bertujuan mencipatakan daya saing dan onovasi yang terintegritas.

“saya mohon dukungan dan kerjasama kita semua,  demi kabupaten labuhanbatu yang maju, sejahtera dan bermartabat sesuai dengan motto bapak bupati,”tutupnya.

Diacara tersebut,  terlihat Kepala Bappeda Hobol Rangkuti menjadi Nara sumber, begitu juga dengan Kepala BP2KB,  Inspektorat dan Pimpinan BPJS Cabang Rantauprapat.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kembangkan Desa, PMDK Labuhanbatu Gandeng OPD"