Kegiatan Menunggal TNI KB-Kes Nasional 2017 di Rohul Tunggu Jadwal Panglima

ROKAN HULU, Riau Andalas.com –  Kegiatan pencanangan Tentara Nasional Indonesia Keluarga Berencana Kesehatan (TNI KB-Kes) tingkat Nasional 2017 yang dipusatkan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) jadwalnya molor lagi.

 

Karena, semula jadwal pencanangan TNI KB-Kes tingkat nasional 2017, akan digelar Selasa (4/4/2017) besok. Tetapi, karena belum ada kepastian jadwal Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo serta undangan dari pemerintah pusat, maka jadwal tersebut ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

 

Dengan pengunduran jadwal Pencanangan TNI KB-Kes tersebut, dibenarkan Plt Bupati Rohul H. Sukiman, di sela gladi resik, untuk menyambut kedatangan Jenderal TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di lapangan kantor Bupati, Pasir Pangaraian, Senin (3/4/2017) pagi.

 

Kini, Pemkab Rohul sudah lakukan berbagai persiapan, baik persiapan tarian persembahan, tarian massal, lokasi bazar, lokasi bhakti sosial dan menentukan lokasi heliped untuk pendaratan tamu penting, dan lainnya.

 

“Saat ini kita sudah siap, namun kita masih menunggu jadwal saja. Terpenting kesiapan kita sewaktu-waktu dipastikan segera dilakukan, dan secara umum kita sudah siap,” tegas Sukiman dan mengakui persiapan TNI KB-Kes tingkat nasional sudah capai 80 persen.

 

H Sukiman mengaku, terkait jadwal sebenarnya, dirinya mengaku dari informasi kegiatan akan dilaksanakan tanggal 12 April 2017, namun menurutnya kapan keputusannya akan diberi tahu namun sekarang belum ada kepastian jadwal,” ucapnya.

 

Kata Plt Bupati lagi, bahwa jadwal Pencanangan TNI KB-Kes tingkat nasional 2017 ditunda, karena padatnya kegiatan Panglima TNI. Bahkan Kepala BKKBN pusat juga dikabarkan sedang berada di luar negeri.

 

“Terpenting, kita sudah menyiapkan dengan maksimal, kapanpun waktunya ditentukan oleh satuan atas dan kita mesti harus dilakukan,” kata Sukiman.

 

Kemudian apa saja nantinya kegiatan yang akan digelar pada TNI KB Kes Nasional saat kehadiran Panglima TNI dan Kepala BKKBN, Plt Bupati juga belum bisa memastikannya.

 

Tetapi, jelanya Panglima TNI dan Kepala BKKBN akan kunjungi lokasi acara. “Bila Panglima TNI berkenan, nantinya juga akan kunjungi lokasi sunatan massal, donor darah, dan lokasi bhakti sosial lainnya,” ucap Sukiman. didampingi Kabag Humas Setdakab Rohul Abdullah SE.

 

Kemudian, Panglima TNI juga nantinya akan menunaikan ibadah shalat di Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian. Kini Pemkab Rohul sudah siap melaksanakan perintah untuk kepentingan pembangunan daerah.

Kodim 0313/KPR Kerahkan 200 Personil

Dandim 0313 KPR, Letkol Kav. Yudi Prasetyo SIP mengaku, terkait persiapan penyambutan Panglima TNI, Kepala BKKBN pusat dan rombongan, Kodim nantinya mengerahkan 200 personil dibagi dalam beberapa seksi, seperti seksi pelayanan kesehatan dan KB, gelar dagang, pengerahan massa, dan pengamanan rute,

 

Kemudian, personil Korem 031/ Wira Bima (WB) juga dilibatkan seperti dari Detasemen Kesehatan, Detasemen Perhubungan, dan Detasemen lainnya. Kemudian, TNI juga sudah menyiapkan landasan helikopter atau heliped di lapangan Purna MTQ Riau Pasir Pangaraian serta lapangan bola kaki Fajar Desa Babussalam Kecamatan Rambah.

 

“Berharap, rombongan nantinya bisa lama berada di Rohul bersama kita,” harap Letkol Kav. Yudi, juga dirinya belum memastikan kapan jadwal Pencanangan TNI KB-Kes tingkat nasional 2017 di Rohul.

 

Walaupun jadwal belum pasti, Yudi memastikan Panglima TNI akan hadir pada Pencanangan TNI KB-Kes tingkat nasional dipusatkan di Pasir Pangaraian. Dimana, kapasitas Panglima TNI nantinya hadir, karena kegiatan itu kerjasama TNI dengan Dinas KB untuk TNI KB-Kes Manunggal Kesehatan.

 

“Kita sama-sama berharap bapak Panglima TNI bisa hadir bersama-sama kita,” tambahnya.

 

Namaun, maksimal tanggal 12 April 2017, TNI masih menunggu informasi berikutnya.”Pasti tidak tanggal 5,” terang Letkol Kav Yudi dan mengakui jadwal Panglima TNI tidak bersamaan dengan kegiatan di Kabupaten Siak.

 

Kemudian, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Rohul, H. Yulisman, juga mengakui dirinya belum memastikan jadwal Pencanangan TNI KB-Kes tingkat nasional 2017 di Rohul.

 

Yulisman mengatakan yang pasti bila Panglima TNI hadir akan menghadiri acara pencanangan dipusatkan di lapangan kantor Bupati Rohul.

 

Di lapangan kantor Bupati Rohul, jelas Yulisman akan digelar berbagai kegiatan bhakti sosial, seperti sunatan massal, donor darah, pelayanan KB, serta bazar dari 12 kabupaten/ kota di Provinsi Riau.

 

Selain itu, di Desa Sialang Jaya Kecamatan ada ‘Kampoeng KB’ yang akan dikunjungi oleh pihak BKKPN pusat. Yulisman belum bisa memastikan, apakah Panglima TNI bisa datang ke Kampoeng KB. Pada gladi resik di lapangan kantor Bupati Rohul, juga hadir sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, termasuk Kepala Disbudpar Rohul Yurikawati, Kepala Dinas PMPD Rohul Abdul Haris, dan lainnya.*** [ Alfian ]