Kapolsek Bangko Dan Jajarannya Berjibaku Dilapangan Memadamkan Api.

example banner

20160815_141106-1
BAGAN SIAPI-API, Riau Andalas Com–Kapolsek Bangko dan puluhan personilnya melakukan berjibaku setiap harinya disaat detik detik Karlahut ini diwilayah hukum Polsek Bangko,untuk memadamkan api.walaupun setiap harinya banyak rutinitas dalam  menanggapi laporan Polisi(LP)masyarakat.tetapi sebagai pemimpin markas dia juga tidak membiarkan anggotanya  berjibaku dilapangan.

Kapolsek Bangko AKP Agung Triadi Sik, mengatakan tugas memadamkan api adalah  sebagai tugas tanggung jawab yang harus dilakukan setiap harinya mestipun dia dan anggotanya turun hingga sampai senja.”kita berjuang agar bisa memadamkan titik api untuk di Bangko ini terjadi di Labuhan Tangga Hilir,” kata Kapolsek, Kamis (18/8)kepada wartwan di Bagansiapiapi.

Tidak hanya itu melainkan Kapolsek dan puluhan anggotanya menggunakan sepeda motor ketika menyusuri jalan tanah menuju kelokasi yang memang menjadi langganan setiap tahunnya dengan peralatan seadanya.namun hal itu adalah tidak menyurutkan semangat pihak kepolisian untuk memadamkan api dilahan gambut.

“Cuaca sangat panas ditambah dengan api yang sesekali terlihat menyala dan baju sampai basah semua,” tuturnya.

Menurut Kapolsek,bahwa dirinya tetap mengutamakan keselamatan para anggota yang turun memadamkan api sehingga semua anggotannya  memakai sepatu Boat agar bisa meminimalisir kaki untuk memasuki kedalam tanah gambut yang terbakar.”Para anggota juga dilengkapi dengan masker serta bekal air minum dan makanan dilokasi.

selain itu,Akpol lulusan 2005 ini juga ikut bukan hanya sekedar mengambil momen minta dipoto melainkan bersinergi turut serta berperan bersamaan anggotanya sampai apinya benar benar padam.”Banyaknya titik api membuat tim bekerja cepat agar api tidak menjalar kelahan lainnya. Bahkan terkadang memadamkan api satu titik kemudian padam disambut titik lainnya.Kadang  kita lihat sudah padam disaat kita matikan di titik lainnya. setelah titik lainnya padam masih muncul asap dari titik awal tadi dan kita padamkan lagi”, terangnya.

Ia mengaku prihatin terhadap musibah kabut Asap 2015 silam dan berharap hal itu tak terjadi kembali pada tahun 2016 ini. “Kadang karena ulah satu orang bisa ratusan ribu orang terkena dampaknya. Jadi kita berupaya semaksimal mungkin sehingga masyarakat tak merasakan dampak kabut asap yang ditimbulkan,”terangny.

Tak sampai disitu,lanjut Kapolsek, ketika waktunya beristirahat malam pihaknya tetap saja melakukan komunikasi dengan warga setempat,dan apabila adanya laporan titik api ,malam itu juga dia secara langsung mengerahkan anggotanya untuk turun kelokasi tersebut. “Kalau memadamkan malam penerangan tak mendukung jadi malamnya kita pantau kelokasi dan paginya langsung kerahkan anggota,” jelasnya.

Kapolsek mengaku,Meskipun sibuk dalam momen memadamkan api disaat ini, namun Anggotanya tetap menjalankan tugas ditengah malam untuk memburu Target Operasi (TO) dan menanggapi laporan-laporan yang masuk termasuk memburu para pelaku kejahatan di wilayah hukum Polsek Bangko.lantaran menurutnya bawa Kekompakan tim adalah menjadi modal utama sehingga 2 tugas ini bisa diimbangi dengan baik.Bahkan setiap hari juga selalu membuat laporan berkala kepada Kapolres Rohil terkait titik api serta upaya-upaya yang telah dilakukan. “Pak Kapolres juga kesana-kemari turun memadamkan api dan semua pasukan dikerahkan diseluruh wilayah Rohil.” pungkasya***(said)