Kadisdukpencapil Inhil “Berjibaku” Tuntaskan Program Jemput Bola

example banner

Inhil,Kemuning.Riauandalas.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKPENCAPIL) Kabupaten Inhil  melakukan “jemput bola” untuk menuntaskan perekaman e-KTP. Hal ini dilakukan sesuai instruksi Bupati HM. Wardan dalam rangka menuntaskan 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati.

Semenjak dimulainya perekaman e-KTP ke daerah-daerah yang dimulai dari tanggal 6 Desember 2018 yang saat ini sudah 5 Kecamatan yang didatangi  dan tercatat sebanyak  1.586 melakukan perekaman, 2.005 pencetakan e-KTP, 1.340 pencetakan Kartu Keluarga, dan sebanyak 1.050 penerbitan akta kelahiran.
Di Kecamatan Kemuning, selama 4 hari melakukan kegiatan perekaman, dimulai dari hari rabu, (26/12/18 s/d 29/12/18) tercatat sebanyak 676 perekaman, 230 diantaranya adalah perekaman bagi pemilih pemula, 650 pencetakan Kartu Keluarga, dan 300 penerbitan Akta Kelahiran.

KADISDUKPENCAPIL Ahmad Ramani Spd.Mpd saat di komfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan,” Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan “jemput bola” agar seluruh  masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir memiliki kelengkapan adminduk.
Selanjutnya pada bulan januari 2019 akan dilanjutkan perekaman di 15 Kecamatan dan juga di kecamatan lain yang belum tuntas, sehingga sebelum bulan April 2019 atau sebelum pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 akan tuntas di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Inhil,” Pungkas beliau.

Kadisduk Pencapil menjanjikan seluruh proses pencetakan E-KTP akan berlangsung cepat.”Pemilih pemula memang menjadi prioritas kami,” sebut beliau. Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menargetkan semua pemilih pemula di Kecamatan Kemuning dapat menggunakan haknya tanpa harus menggunakan Surat Keterangan.

Sementara itu Camat Kemuning Drs. Azwizarmi MH mengatakan,” Kami selaku pemerintah kecamatan kemuning sangat terbantu dengan adanya program dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir, sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi datang ke kabupaten untuk melakukan perekaman e-KTP dan adminduk lainnya, kami siap membantu dan memfasilitasi jika nantinya program jemput bola ini terus berlanjut” ungkap beliau.

Seperti pengakuan salah seorang warga Desa Sekayan, ibu Niyah. Menurut pengakuan ibu dari tiga orang anak yang sudah lama menjanda tersebut mengatakan sangat berterimakasih sekali dan bersyukur dengan program 100 hari kerja bapak Bupati dan wakil Bupati Indragiri hilir. sehingga sangat membantu masyarakat yang ingin melengkapi identitas kependudukannya.
“saya sangat berterimakasih pada pak wardan, dengan adanya  kegiatan rekaman di kecamatan, hingga kami yang jauh dari tembilahan bisa terbantu untuk melengkapi identitas kependudukan. Apalagi bagi saya ini yang hidup pas-pasan, mana mungkin saya punya uang untuk ongkos ketembilahan” ujar ibu ini dengan penuh haru menahan kegembiraan yang tak terlukiskan.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh seorang remaja yang telah memperoleh e-KTP, dengan senyum kegembiraan dia menyebutkan sangat senang sekali dengan adanya perekaman e-KTP di kecamatan.
“kami sangat senang bisa rekaman dan langsung bisa dapat e-KTP di kecamatan. Coba kalau ‘gak ada program ini, kami terpaksa harus berangkat ke tembilahan yang jauh dari desa kami. Tapi kalau bisa kami minta ya pak,. dilanjutkan lagi lah program ini terus, karna masih banyak juga teman-teman kami yang belum sempat ikut rekaman” sebut adik remaja ini dengan senyum kegembiraan.

*jp