Kadisdikbud Riau jangan percaya isu bocoran soal UN

Tidak ada komentar 417 views

23.090 siswa SMA Sederajat Riau Selenggarakan UN
Riauandalas.com-Hari ini Senin (4/4), 23. 090 siswa, SMA sederajat di Riau selenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun ajaran 2015/2016. images (120)

Menghidari kenyamanan dan kelancaran dalan pelaksanaan UN, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr Kamsol MM, menghimbau seluruh siswa agar tidak mempercayai adanya kebocoran naskah UN. Pasalnya, hingga kini naskah UN tersebut mendapat pengwalan ketat dari pihak kemanan, mulai dari percetakan hingga pendistribusian pada siswa. Sehingga tidak kemungkinan adanya kebocoran pada naskah.

“Seluruh tim percetakan dan pengamanan sudah disumpah, jadi tidak mungkin akan ada kebocoran naskah. Untuk itu kita himbau seluruh siswa agar tidak terpengaruh adanya isu-isu kebocoran soal itu,” kata Kamsol Ahad (3/4).

Dijelaskanya, hasil UN ini tidak lagi merupakan penentu untuk kelulusan siswa, jadi siswa tidak perlu cemas dalam menghadapinya. Karena nilai yang menentukan kelulusan siswa itu berdasarkan pelajaran siswa yang diikuti selama sekolah dan ditambah dengan nilai lain yang merupakan kegiatan sekolah.

Namun, meskipun tidak diambil dari UN, bukan beraeti siswa harus menyepelekan pelaksanaan UN, karena untuk kelanjutan pendidikan siswa kedepan akan ditentukan dari nilai UN. Terutama dalam pendidikan tinggi negri.

“Untuk itu, siswa kita yang menyelenggarakan UN, tetaplah belajar dengan serius. Karena UN itu sesuai dengan pelajaran yang telah dilalui siswa. Yang hasilnya kembali pada keseriusan siswa,” tutur kamsol optimis Tahun ini nilai siswa lebih baik dari tahun sebelumnya. (Dri)***