Kadis PMPD Rohul Minta Aparat Desa Buka Tabungan di BUMDesa

ROKAN HULU,  Riau Andalas. com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris, S.Sos. M.Si membuka Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan (MPTB) Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Rahmat Sejati desa Sejati kecamatan Rambah Hilir, Selasa (31/1/2017) Sore.

 

Selain Kadis PMPD Rohul H. Abdul Haris, tampak juga hadir Asisten Korkab BUMDesa Rohul, Silvia Hidayati, PK Rambah Hilir, Syafri Is, Pjs Kades Sejati, Mahadi, SE, Kades terpilih Sejati, Edi, Direktur BUMDesa Rahmat Sejati, Nurmanis dan jajarannya, serta puluhan masyarakat undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Abdul Haris meminta kepada aparat desa, mulai dari tingkat RT, RW, Kadus dan Kepala Desa serta anggota BPD untuk membudayakan menabung, dengan cara membuka tabungan di BUMDesa Rahmat Sejati.

 

“Saya harapkan aparat desa bisa menjadi contoh kepada masyarakat untuk membudayakan menabung di BUMDesa. Sebab nantinya dana tersebut bisa menambah modal BUMDesa untuk membuka unit-unit usaha yang akan dilaksanakan pengurus BUMDesa,” ajak Abdul Haris.

 

Selain untuk tabungan, kata Haris, nantinya seluruh gaji aparat desa se- Rohul akan disalurkan di tabungannya di BUMDesa. Sehingga para aparat desa secara tidak langsung ikut berpartisifasi dalam mengembangkan BUMDesa di wilayahnya.

 

“Kita sama-sama mengetahui, bahwa BUMDesa sendiri merupakan motor penggerak ekonomi di tingkat Desa. Untuk itu kebedaraan BUMDesa sangat berpengaruh terhadap pembangunan di Desa masing-masing. Karena 10 persen laba dari BUMDesa dialokasikan untuk APDes,” ungkapnya.

 

Selaku PJs Kepala Desa Sejati, Mahadi mengaku terus mendukung apa yang dilakukan pengurus BUMDesa Rahmat Sejati, salah satu upaya yang dilakukan yakni selalu berkordinasi dengan pengurus mengenai apa-apa saja kendala yang dihadapi.

 

“Setiap bulan kami melakukan musyawarah-musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada,” ungkapnya.

 

BUMDesa Rahmat Sejati kata Mahadi kedepan akan membuka unit-unit usaha baru untuk meningkatkan pendapatan di BUMDesa, seperti usaha pembayaran tagihan listrik dan pembelian hasil karet warga dikelola oleh pengelola BUMDesa.

 

Terkait adanya permintaan Kadis DPMPD Rohul untuk aparat desa membuka rekening di BUMDesa, Ia sangat mendukungnya. Sebab secara tidak langsung aparat desa juga bisa mendukung permodalan di BUMDesa untuk membuka unit-unit suaha lainnya.

 

Pada MPTB BUMDesa Rahmat Sejati tahun buku 2016 sendiri, mengalami peningkatan dalam segi laba usaha, dari tahun 2015 lalu hanya mendapat Rp.23,9 Juta, kini meningkat menjadi Rp.29,9 Juta atau meningkat Rp.5,9 Juta.

 

Diakhir acara pengurus BUMDesa juga membagikan beberapa hadiah kepada para pemanfaat teladan dalam membayar angsurannya serta bagi masyarakat yang beruntung karena nomor undiannya terpilih sebagai peraih hadiah dari BUMDesa Rahmat Sejati.‎** (Alfian)