Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Untuk Gubri Pertama Riau

1103 views
example banner

PEKANBARU,Riauandalas.com- Peringati Pahlawan Nasional Tahun 2020 Presiden Joko Widodo (Jokowi) anugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Indonesia. Salah satunya Gubernur pertama Provinsi Riau, MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution. Selasa (10/11) di Istana Negara.

Penganugerahan tersebut kata Presiden Jokowi, sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Gelar pahlawan yang diberikan Jokowi tersebut, menjadi sebuah kehormatan bagi Provinsi Riau, sehingga angerah tersebut juga menjadi motivasi bagi generasi Riau untuk terus berbakti dan berjuang untuk masyarakat makin negara kedepan.

Hal itu disampaikan lansung oleh Gubernur Riau, usai menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 2020, di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11). Dikataknya jika atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh rakyat Riau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada tokoh Riau yang diharapkan menjadi amal ibadah bagi almarhum.

“Kita berharap ini juga jadi contoh dan motivasi bagi generasi muda Riau terus berjuang untuk masyarakat maupun negara kedepan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Gubernur Riau, MR SM Amin Nasution ini lahir di Provinsi Aceh pada 22 Februari 1904, dimana ia merupakan salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan Sumpah Pemuda. Selain itu ia juga merupakan Gubernur pertama Provinsi Riau dan Sumatera Utara.

“Sutan Mohammad Amin Nasution menjabat Gubernur Riau pertama dengan masa jabatan dari 5 Maret 1958 hingga 6 Januari 1960. Mudah-mudahan almarhum diberikan tempat yang lebih baik dari Allah SWT sesuai jasa-jasa ysng dilakukan seumur hidup beliau,” tutur Syamsuar. (dre)