JCH Rohul Selesai Laksanakan Arba’ien

Tidak ada komentar 584 views
example banner
SYAHRUDDIN
 
ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa sebanyak 236 Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul, saat ini telah selesai melaksanakan Arba’ien (sholat berjamaah di Masjid Nabawi Madinatul Munawwaroh selama 40 waktu atau delapan hari).
 
Jika Arba’ien telah dilaksanakan, maka secepatnya para JCH Rohul yang tergabung dalam Kloter VII Batam bersama dengan 204 JCH Kota Dumai, meninggalkan kota Madinah, untuk melaksanakan Umrah Wajib di Makkatul Mukarromah, dengan mengambil miqat di Bir Ali.
 
Informasi ini diperoleh Kakan Kemenag Rohul, setelah mendapat laporan dari Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) Kolter VII BTH Drs H Syahruddin MSy, Kasi Pendidikan Islam Kemenag Rohul, yang dipercaya oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov Riau, untuk membimbing ibadah bagi JCH Rohul dan Kota Dumai.
 
Syahruddin dari Madinah melaporkan bahwa JCH Rohul bersama JCH Kota Dumai, menempati hotel Wahat al-Makarim, jaraknya sekitar 300 M dari mesjid Nabawi, sehingga para JCH hanya jalan kaki dari hotel menuju Masjid Nabawi dan setiap saat dengan mudah melaksanakan Arba’ien.
 
Syahruddin lebih lanjut melaporkan bahwa para JCH sudah berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, Khulafaurrasyidin I Abu Bakar AshShiddiq, Khulafaurrasyidin II Umar Bin Khattab dan perkuburan Baqi’, melaksanakan sholat Sunnah di Raudhah (salah satu tempat mustajab).
 
Ditambahkannya, setiap hari para JCH dengan pembimbing ibadah dan ketua kloter, mengadakan pertemuan, untuk mengecek dan menyisir kalau ada jamaah yg belum ke raudhah dan ziarah di Makam Nabi Muhammad SAW.
 
Ditambahkannya, para jamaah juga sudah dibawa ziarah oleh muassasah ke jabal uhud, mesjid quba, mesjid qiblatain, kebun kurma, dan sebahagian ke bukit magnit.
 
Syahruddin lebih lanjut menyatakan bahwa para JCH selesai melaksanakan arbain, insya Allah, waktu isya hari selasa, 23 Agustus dan berangkat ke Mekah pada pada hari rabu, 24 Agustus 2016, pukul 08.20 WAS.
 
Alhamdulillah jamaah sehat wal’afiat dan yg dirujuk kemarin sdh kembali ke hotel, kondisi jamaah hanya sakit2 ringan. Hal itu biasa-biasa saja, tandas Syahruddin. ** ( Alfian)