Isolasi Mandiri Dirumah Rentan Penularan Transmisi Keluarga dan Tetangga

example banner

PEKANBARU, Riauandalas.com- Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau, Senin (21/9) menurun bila dibanding hari sebelumnya, tercatat hari Senin kemarin, sebanyak 160 orang, total jadi 5.448 orang terkomfirmasi positif. Untuk pasien yang sembuh dan pulang bertambah 33 orang, total 2.194 orang. Dan yang meninggal dunia bertambah 6 orang, total 106 orang meninggal akibat Covid-19.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif ini, selain dari banyaknya warga yang swab mandiri dengan hasil positif. Juga dari hasil tracing kontak pasien terkomfirmasi positif sebelumnya. Dan hal ini terjadi akibat masih banyaknya pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19, isolasi mandiri dirumah, tapi masih juga keluar rumah. Dan tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.
“Kebanyakan dari pada kasus sekarang adalah kontak erat, terkait dengan kasus yang sebelumnya, yang banyak isolasi di rumah, satu orang bisa menularkan 1-2 orang. Akibatnya terjadi penularan baik di keluarga maupun tetangga, kerabat terdekat yang kontak langsung. Ini karena mereka juga tidak jujur, dan tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Mimi Yuliani Nazir.
Dijelaskan Mimi, isolasi mandiri yang dilakukan dirumah sangat rentan penularan jika pasien tersebut tidak disiplin. Termasuk kelayakan rumah yang dihuninya, apakah bebas dari tetangga disekitar. Selama karantina dirumah tidak kontak dengan keluarga dan orang lain, dan tidak keluar rumah. Untuk itu perlu pengawasan dari pemerintah Kabupaten Kota, melalui dinas kesehatan dan Puskesmasnya.
“Saat ini bagaimana kita memanfatakan isolasi mandiri yang telah disediakan oleh Pemerintah, sehingga tidak terjadi transmisi yang ada di keluarga. Karena isolasi dirumah dengan kondisi rumah yang tidak memungkinkan tetapi tetap diisolasi dirumah, akan cepat terjadi transmisi ke keluarga. Apalagi protokol kesehatan tidak dilaksanakan ketat. Itulah banyak isolasi mandiri yang sekarang kita siapkan,” kata Mimi