Ini Ongkos Haji Disepakati Rp34,89 Juta Tahun 2017

Tidak ada komentar 414 views

JAKARTA, Riau Andalas.com – Pemerintah dan DPR sepakati rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun ini Rp34,89 juta, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp34,64 juta

Menteri Agama Lukman Ha kim Saifuddin mengatakan komponen BPIH yang dibayar langsung oleh calon jemaah haji akan dialokasikan untuk pembayaran tiket pesawat dan passenger service charge, pe – mondokan di Makkah, serta living allowance.

“Besaran rata-rata BPIH tahun ini, termasuk biaya ti ket penerbangan Rp26,14 juta, pemondokan di Mekkah Rp3,39 juta, dan living allowance Rp5,35 juta,” katanya, Jumat (24/3).

Lukman pun mengapresiasi Komisi VIII DPR RI yang menyetujui BPIH ta hun ini sesuai jadwal. Pa sal nya, pembahasan BPIH mem butuhkan proses pan jang, karena harus mem – pertimbang kan banyak hal.

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher mengatakan be sar an angka BPIH tersebut merupakan persetujuan antara Panja BPIH Komisi VIII DPR dan Ke menterian Agama terkait dengan komponen direct cost penyelenggaraan ibadah haji.

“Kesepatan itu disetujui setelah ke dua pihak me ram – pungkan pembahasan bersama sejak awal Februari 2017,” ujar Ali.

Komisi VIII DPR RI menilai penaikan BPIH tahun ini adalah hal yang wajar dan pro – porsional, karena me ningkatnya harga avtur bahan bakar, dan pertimbangan infl asi di Arab Saudi.

Penerapan BPIH nantinya berbeda di setiap daerah ber da sar kan embarkasi keberang katan, seperti tahun lalu. Dengan rata-rata BPIH Rp34,64 juta pada tahun lalu, Embarkasi Aceh, Batam, Medan, dan Pa dang membayar lebih mu – rah dibandingkan dengan embarkasi lainnya.

Embarkasi Makassar, Lombok, dan Balikpapan harus membayar BPIH lebih mahal, karena berbagai pertimbangan. Lukman mengatakan BPIH yang disepakati itu akan ditetapkan dengan keputusan presiden, dan para calon jemaah haji dapat langsung melakukan pelunasan dengan menyetorkan selisih yang belum dibayarkan.

Keppres kemungkinan baru akan diterbitkan pada pekan depan, menunggu kepulangan Presiden Joko Widodo dari kunjungan kerja ke Tapanuli, Sumatra Utara. Lukman akan menghadap Presiden. “Mudahmudahan dalam pekan depan keppres BPIH 2017 bisa di – keluarkan,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim.

Dengan keluarnya keppres, ujarnya, pelunasan biaya iba – dah haji ke Tanah Suci bisa dilakukan. Pelunasan bisa di – la kukan di 17 bank penerima se toran yang ditunjuk.

LEBIH BAIK

Ketua Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Panja BPIH) Deding Ishak mengatakan pemerintah akan menyiapkan fasilitas bagi jemaah haji yang lebih baik di bandingkan dengan tahun lalu.

“Tahun ini seluruh tenda yang biasanya digunakan je maah Indonesia yang usianya telah pu luhan tahun akan diganti se – luruhnya dengan kualitas yang tidak kalah dengan negara lain,” kata Deding. Untuk pergantian tenda ini dianggaran dana lebih dari Rp150 miliar.

Selain itu, disepakati ketersediaan bus shalawat 24 jam un tuk memudahkan jamaah mendapatkan penginapan di luar area Kabah. Peningkatan jumlah layanan makan hing ga fasilitas penginapan men jadi minimal setara hotel ber bintang.

“Ada peningkatan pem bi – na an manasik dan sumber daya manusia petugas haji. Di harapkan jamaah lebih khu – suk beribadah,” katanya. Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pemerintah ber – ko mitmen meningkatkan pelayanan ibadah haji, dengan me nambah petugas haji.

Pemerintah juga akan me – mang kas prosedur pendaftaran dari tiga tahap menjadi dua tahap. “Semua persiapan kami lakukan sungguh-sungguh.

Dengan penambahan jumlah kuota haji ini, berarti jumlah orang yang kita akan layani juga semakin banyak.”

 

Sumber Bisnis.com