HM. Harris, Tanda tangani MoU Gerakan Menuju 100 Smart City di Makasar.

MAKASSAR ,Riau Andalas. com – Bupati Pelalawan, H.M Harris Tanda tangani MoU gerakan menuju100 smart city di Makasar. MoU ini di tandatangani langsung oleh 25 Kabupaten/kota se- Indonesia yang salah satunya dari Kabupaten Pelalawan. Lounching dan penanda tangan MoU ini langsung di ikuti oleh Bupati Pelalawan, HM. Harris. Senin
/22/05/2017

Dua puluh assesor yang terdiri dari para akademisi, pemerintahan, dan praktisi TI melakukan assesment dengan metode wawancara. Dari hasil assesment ini kemudian dipilih 25 kota/kabupaten yang akan mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City, yaitu:

Kota Jambi,Kabupaten Pelalawan (HM.Harris),Kabupaten Siak,Kabupaten Banyuasin,Kota Tangerang,Kota Tangerang Selatan,Kabupaten Purwakarta,Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Badung, Kota Singkawang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Makassar, Kota Tomohon, dan Kabupaten Mimika

Selanjutnya 25 daerah terpilih akan mengikuti launching dan Penanada tanganan MoU Gerakan Menuju 100 Smart City yang diselenggarakan pada hari ini tanggal 22Mei 2017 di Four Point by hotel Sheraton Makassar.

Penandatanganan MoU antara Kemkominfo dengan daerah tentang implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City serta sosialisasi/workshop gerakan tersebut merupakan agenda utama dalam kegiatan ini.

Acara ini akan dihadiri oleh para tenaga ahli/pembimbing yang telah ditunjuk oleh Kemkominfo untuk membimbing daerah-daerah dalam implementasi gerakan tersebut.

Target KemKominfo tahun 2017 ini sebanyak 25 kota/kabupaten, selanjutnya 50 pada tahun 2018, dan 25 pada tahun 2019. Diharapkan pada tahun 2019 terdapat 100 kota/kabupaten yang menjadi role model dalam implemntasi program smart city. Program ini ditujukan untuk memperkuat peran ICT sebagai enabler di semua pilar smart city dalam menciptakan ekosistem smart city, khususnya pada sektor strategis yang dimiliki oleh masing-masing daerah

Pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut penerapan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika yaitu salah satu fungsi oragnisasi perangkat daerah (OPD) di bidang komunikasi dan informatika yaitu menyelenggarakan sistem informasi smart city. Dengan demikian diharapkan peran seluruh OPD bidang komunikasi dan informatika di seluruh kota/kabupaten sebagai leading sector dalam mengimplementasikan smart city.

Kegiatan ini di taja oleh Kemkominfo bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PU & PR, Kantor Staf Presiden serta Kompas Gramedia menyelenggarakan Gerakan Menuju 100 Smart City ini.

Dalam kesempatan itu ikut hadir Mendampingi Bupati Pelalawan HM.Harris dalam Lounching dan Penandatanganan MoU Gerakan Menuju 100 Smart City yaitu  Kepala Bappeda (Ir. Syahrul), Kadis PU (Hasan Tuah Tanjung), Anggota DPRD Pelalawan (Eka Putra)dan (Abdullah), Kabid Kominfo Pelalawan (Syamsul Bakhri) . (arry)