Gubri Kukuhkan Pjs Bupati Rohul, Masrul Kasmi Tekankan Netralitas ASN di Pilkada dan Lakukan Langkah Kongkrit Penanganan Covid-19

example banner
PEKANBARU, Riauandalas.com- Gubernur Riau (Gubri) Drs H. Syamsuar M.Si resmi mengukuhkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rohul Drs H. Masrul Kasmi M.Si serta Pengukuhan Ketua TP PKK Rohul Hj Tengku Asmarani S.Pd.
Dikegiatan itu Gubri juga melantik Asisten III Setdaprov Riau sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis dan mengukuhkan Pjs Bupati Siak Indra Lukman Agus (Kadis ESDM), Pjs Bupati Kuantan Singingi Roni Rakhmat (Kadispar Riau). Digedung Daerah Balai Serindit, Komplek Kediaman Gubernur, Pekanbaru, Sabtu (26/9/2020)
Pengukuhan Pjs Bupati Rokan Hulu Drs Masrul Kasmi sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.14-2986 Tahun 2020 tentang Penunjukan Sementara Bupati Rokan.
Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Gubernur Riau, Forkompinda serta Pejabat Pemkab Rohul Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Wakil Ketua DPRD Rohul Nono Patria Pratama SE dan Sekda se Riau.
Gubri Syamsuar dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Pj dan Pjs bupati, sesuai dengan amanah dari Mendagri. Baik itu terkait penyelenggaraan pemerintahan, Pilkada dan penanganan Covid-19.
Gubernur mengingatkan Pj dan Pjs bupati yang dilantik dan dikukuhkan untuk melakukan koordinasi yang baik dengan DPRD dan Forkopimda kabupaten masing-masing.
“Harapan kami mereka bisa memelihara suasana aman dan nyaman di daerahnya masing-masing, dengan berkoordinasi baik dengan DPRD, termasuk dengan Forkopimda, tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda dan semua kekuatan-kekuatan yang ada di masing-masing kabupaten. Mudah-mudahan dengan arahan kami, Pj dan Pjs dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” harap Syamsuar
Untuk itu, agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan tertib, para Pj dan Pjs bupati harus menerapkan protokol kesehatan.
“Karena yang paling penting itu rakyat sehat, dan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar. Dan diharapkan petugas Pilkada semua sehat tidak kena Covid-19,” tegasnya.
Tak hanya itu, Gubri juga meminta Pj dan Pjs bupati untuk menggerakkan staf agar bekerja dengan baik, sehingga amanah yang diberikan Mendagri menjalankan pemerintah sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku.
Sedangkan penunjukan Pjs Bupati Rohil, Rohul, Siak dan Kuansing mengganti sementara jabatan bupati dan wakil bupati definitif karena mengikuti Pilkada.
“Karena bupati dan wakil bupati definitif sudah mengajukan cuti dari 26 September sampai dengan 5 Desember 2020,” ujarnya
Usai Pengukuhan, Pjs Bupati Rokan Hulu Drs H. Masrul Kasmi M.Si saat diwawancarai Media Center Diskominfo Rohul mengatakan amanah dari Mendagri melalui Gubernur Riau H. Syamsuar sebagai Pjs Bupati Rohul, Ia komit akan melaksanakan instruksi Gubri seperti penyelenggaraan Pemerintahan, mensukseskan penyelenggaraan Pilkada 2020 dan penanganan Covid-19.
“Semoga kami yang diamanahkan dan ditunjuk sebagai Pjs Bupati Rohul, tadi sudah dijelas Gubernur, bahwa tugas utama Pjs menyelenggarakan Pemerintahan dan memimpin Pemerintahan serta memastikan kondusifitas yang aman, terkendali dan tertib bagi masyarakat dan bisa sukses menyelenggarakan Pilkada 2020 di Rohul,” kata Masrul Kasmi
Terkait dengan Netralitas ASN di Pilkada Rohul, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Pemerintahan, Politik dan Kemasayarakatan Setdaprov Riau ini menegaskan ASN harus netral di Pilkada Rohul, Ia meminta kepada ASN melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing dan tidak berpihak kesalahsatu Paslon.
“Kehadiran kami yang  merupakan sebagai ASN, kita harapkan semua berlangsung dengan kondisi pelaksanaan tugas masing-masing sebagai ASN serta tidak berpihak kemanapun, artinya netralitas sebagai ASN kita tegakkan, karena sesungguhnya ada yang lebih besar dalam menjamin pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya
“Dengan harapan ASN tidak terbawa arus untuk berpihak kepada salah satu kandidiat,  tapi kita betul-betul menganut prinsip netralitas menjalankan roda pemerintahan, jalan fungsi dimasing-masing OPD sesuai ketentuan sehingga kita berjalan dalam relnya untuk mendukung proses Pemerintahan yang baik,” tegas Masrul
Terkait penanganan Covid-19, Masrul Kasmi mengatakan secara defacto, Bupati sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ia akan mengambil langkah-langkah yang lebih kongkrit kerjasama dengan komponen Satgas, Forkompinda dan OPD serta dukungan masyarakat.
“Kita harapkan selalu bersinergi melakukan langkah-langkah penanganan Covid-19, agar tidak terjadi penambahan Covid-19. Penanganan Covid-19 lebih intensif sehingga nanti bisa berkurang penyebaran, bahkan kita harapkan tidak ada lagi warga terpapar covid-19 di Kabupetan Rohul. *(MC/Alfian Tob)*