Gerakan Jaga Kampung, Kapolsek Bangko, Kembali Lagi Memberikan Bantuan Sembako Dan Bibit Ikan Nila Ke Pesantren Raudhatul Jannah.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com -Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH Kembali lagi memberi bantuan bahan paket sembako, bibit ikan nila Dan bibit sayur sayuran ke pesantren Raudhatul Jannah yang terletak Dijalan Utama, Gg Teladan, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Dalam Rangka Program Lonceng Gerakan Jaga Kampung, Kamis 09 Juli 2020.

 

Program Lonceng Gerakan jaga kampung tersebut selain dipimpin Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH, juga dihadiri Pemilik Yayasan Raudhatul Jannah Kalifah Syukur, Camat Bangko, Rijalul Fikri SE, Kodim O321 Rohil atau mewakili, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Seluruh RT Kelurahan Bagan Barat Dan unsur Upika serta jajaran Polsek Bangko.

 

Dalam kesempatannya, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH menyebutkan Program Lonceng jaga kampung itu merupakan digagas ke siswa yang berlaku secara nasional untuk saudara di kampung yang didalamnya adalah menyangkut protokol kesehatan. Namun kalau ada orang masuk ke kampung orang itu harus cek tensi dan mereka harus menggunakan masker yang sesungguhnya.

 

“mereka juga harus jaga jarak, sudah itu di cek identitasnya dari mana asal mereka datangnya. Kemudian mereka nanti teridentifikasi dulu, mana tau mereka dari daerah yang terjangkit, kan ada protokol diri suhunya, kalau memang nanti apa mereka wajib mengisolasi diri secara mandiri seperti suhunya, mungkin tinggi suhu mereka diarahkan untuk melakukan rapid tes di Puskesmas yang ada,”Kata Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH, Kepada awak media dilokasi Kamis 09 Juli 2020.

Selain melakukan pembagian bahan sembako, bibit ikan nila Dan bibit sayur sayuran Polsek Bangko juga merealisasikan program ketahanan pangan lantaran pangan itu sesuai dengan situasi di daerah masing – masing. Menurut Sasli diyayasan pesantren Raudhatul Jannah itu sangat cocok untuk dijadikan ketahanan pangan karena sudah ada kolam ikannya.

 

“kalau untuk Kecamatan Bangko kita ambil di sini saja, sudah kita isi 2 kolam, 1 kolam itu juga sudah kita bersihkan, ada lagi 4 kolam di belakang sedang dibuka nanti kalau sudah siap semuanya kita akan isi dengan bibit ikan nila dan patin.  Jadi di sini ada sekitar 7 kolam sudah kita rencanakan semua akan diisi,”Jelasnya.

 

Dikatakan Kapolsek Sasli, selain Kolam, pihaknya juga manfaatkan sayuran yang ada di pesantren Raudhatul Jannah, yang pertama ditanam adalah kangkung, bayam, sawi, dan ada juga kemarin jagung. Selain itu ada beberapa tempat yang lain seperti di Labuhan tangga juga sudah dilakukan penanaman secara simbolis oleh bapak Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk lebih kurang sekitar 2 hektar areal lahan yang ditanam jenis mentimun kemudian jagung dan kacang panjang.

 

“Mudah mudahan masyarakat kita bisa menikmati hasilnya, hasilnya untuk masyarakat,”Terangnya.

 

Ditambahkan Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH, program tersebut memang ada berkaitan dengan covid-19, karena kita sama – sama tahu begitu pada saat mewabahnya kita sudah menerapkan protokol kesehatan di antaranya larangan mereka untuk keluar rumah beraktivitas, kemudian Sekolah diliburkan, Orang kerja juga di rumahkan mereka bekerja di rumah dan dari sekian banyak ada yang mengalami dampak luar biasa salah satunya adalah tukang becak, buruh bangunan termasuk juga mungkin orang – orang yang jualan dipasarkan para pedagang juga karena orang tidak ke pasar untuk berbelanja mereka terdampak.

 

“makanya kita sekarang kan memasuki New Normal, ini di bidang ekonomi ini semuanya bagaimana mereka tetap beraktivitas dalam rangka meningkatkan memulihkan keadaan ekonomi mereka yang kemarin sempat terhenti jadi mereka dapat beraktifitas seperti sedia kala untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. makanya kita mengadakan ini bagaimana mereka meningkatkan ketahanan pangan mereka tidak lagi berpaku semata-mata misalnya pedagang saja mereka bisa juga memanfaatkan pekarangan lingkungan mereka untuk memenuhi kebutuhan harian mereka,”Pungkas Kapolsek Bangko.(Said)***