Gawat…Proyek Tambal Sulam Jalinprov Riau di Rohul Sering Menelan Korban  

 
ROKAN  HULU, Riau Andalas. com  -Bagi pengendara yang melintasi ruas jalan provinsi Ujung Batu menghubungkanTandun, harus ekstra berhati-hati. Karena, sejumlah titik di ruas jalan yang menghubungkan dua kabupaten tengah diperbaiki dengan sistim tambal sulam.

Hal itu sangat membahayakan para pengguna jalan, yang melintas terutama saat malam hari. Karena sejumlah ruas jalan provinsi berlubang, sebelum ditambal sulam dengan aspal.

Bahkan, kini masih banyak jalan yang belum ditutup dengan material. Hal itu rawan terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Rawan lakalantas jalan Ujung Batu- Tandun, dibenarkan seorang warga Ujung Batu, Faizal, Sabtu (18/7/2017) kemarin, karena pelaksanaan proyek pemeliharaan ruas jalan provinsi Ujung Batu- Tandun  dengan sistim tambal sulam pleh Dinas PU Riau, sudah mulai dilakukan menjelang Idul Fitri 1438 H lalu.

Hanya saja, di lokasi jalan lintas Provinsi, terlihat sejumlah titik yang sudah digali dibiarkan berlubang. Sehingga, banyak pengendara sepeda motor yang jadi korban.Walaupun sudah sebagian jalan berlubang yang rusak dan ditambal sulam dengan aspal, namun dalam sebulan terakhir jalan yang ditambal sulam itu sudah terlihat bergelombang akibat kurangnya pengawasan di lapangan.

“Ada 10 titik ruas jalan provinsi menghubungkan Tandun-Ujung Batu dengan kondisi berlubang. Jalan provinsi yang berlubang kini belum ditambal sulam berada di Desa Tandun Barat, Desa Koto Tandun Kecamatan Tandun dan Desa Ujung Batu. Bahkan sejak lebaran Idul Fitri hinggsa kini, sekitar belasan korban lakalantas yang berjatuhan di jalan berlubang, karena tidak hapal dengan kondisi jalan,’’ sebut Faisal.

Seharusnya, kondisi jalan provinsi yang sudah digali agar segera ditambal, menghindari jatuhnya korban lakalantas. Apalagi ruas jalan provinsi Tandun-Ujung Batu merupakan jalur padat arus lalulintas dan minimnya penerangan dimalam hari.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Rohul, Harisman ST MT melalui Kabid Bina Marga, Romi Kartika ST, diakuinya sebagian jalan lintas provinsi Tandun-Ujung Batu rusak.

Hanya saja, kegiatan proyek paket pemeliharaan ruas jalan provinsi mebghubungkan dua kecamatan tersebut kini sedang dalam tahap pengerjaan oleh pihak kontraktor. Dirinya juga sudah lakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Riau,  terkait banyaknya laporan yang disampaikan masyarakat atas pengerjaan proyek pemeliharaan ruas jalan provinsi Tandun-Ujung Batu.

“Pemerintah provinsi, targetkan akhir Agustus 2017 proyek sudah tuntas dikerjakan,’’katanya. **( Adha)