DPRD yakin Pemerintah Riau bisa Tuntaskan Karhutlah

Tidak ada komentar 479 views

Pekanbaru,Riauandalas.com– Terkait Kebakaran lahan dan hutan (Karhutal) kembali bermunculan di Riau, Anggota DPRD Riau pesimis bisa dituntaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Jika upaya yang dilkukan Riau saat ini hanya berupa mitigasi atau sebatas antisipasi, sosialisasi dan pembangunan sekat kanal sesuai intuksi presiden.IMG_20160304_122805
Hal tersebut disampaikan Wakil ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman. Dikatakanya, kayakinan pemerintah Riau dengan usaha yang diwujudkan dalam APBD dan menolak usulan DPRD bisa dilihat hasil penuntasanya sampai sejauh mana tingkat kenerhasilanya.
“Kita lihat kalau pemerintah bisa menyelesaikan ini maka perhitungannya bagus. Tapi jika tidak maka pemerintah harus bertanggungjawab atas 6 juta lebih rakyatnya,” kata Noviwaldi Selasa (15/3).
Terkait upaya mitigasi, sosialisasi dan pembangunan sekat kanal oleh pemerintah Riau tersebut, ia menilai itu belum termasuk upaya. Buktinya sampai saat ini kebakaran lahan masih saja terjadi dimana-mana di Riau.
“Tak ada yg dilakukan pemerintah terkait dengan usaha mitigasi, sosialisasi langsung dan memberi edukasi pada masyarakat. Apalagi membangun sekat kanal seperti isntruksi jokowi,” tegasnya.
Disinggung jika kedepanya pemerintah kembali mengjukan pendapat dan bantuan pada DPRD, ia menjelaskan kegiatan mitigasi diselenggarakan oleh TNI, Polda, karena mereka punuya jaringan pada masyarakat. Bahkan jauh hari sebelumnya TNI sudah membentuk relawan dari masyarakat.
“Ya saya akan meminta bantuan ke TNI dan Polda untuk pencegahan mitigasi, karena mereka punya jaringan yang bagus ke masyarakat. Bahkan TNI sudah membentuk relawan dari masyarakat,” tutur Noviwaldi yang tidak akan berbuat seperti janji pemprov dalam rapat anggaran sebelumnya.(Hendri)***